Be Your Inspiration

Tuesday 13 September 2016

Wagub H. Muh. Amin Hadiri Peletakan Batu Pertama Renovasi Masjid Jamiq Praya

Wagub NTB H. Muh. Amin, Bupati Loteng H. M. Suhaili FT, anggota DPD RI asal NTB H. L. Suhaimi Ismy pada peletakan batu pertama renovasi Masjid Jamiq Praya. 

Di hari yang penuh berkah ketika jutaan umat Islam sedang melaksanakan  wukuf  di padang Arafah, Sabtu (10/9/2016), Wakil Gubernur (Wagub) NTB H. Muh Amin, SH, M.Si,  didampingi Bupati Lombok Tengah H. M. Suhaili FT, menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Masjid Jamiq  Guru Bangkol Praya Loteng.
Hadir dalam acara ini, anggota DPD asal NTB Drs. H.Lalu Suhaimi Ismy, Hj. Bq. Diah Ratu Ganevi, unsur FKPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama se Loteng.
Ketua Panitia Pembangunan Masjid Jamiq Praya, Ruslan Turmizi, menjelaskan, pembangunan Masjid Jamiq Praya ini didesain 3 lantai dengan luas bangunan 40 x 40 m2. Bangunan ini berdiri di atas tanah seluas  4.500 m2 yang meliputi tanah wakaf Masjid Jamiq, Jalan Guru Bangkol dan Eks SDN 22 Praya dan sekitarnya yang berada di sebelah timur.

Perluasan masjid ini, lanjutnya, karena dukungan Bupati Lombok Tengah H. M. Suhaili FT yang berkenan menghibahkan aset milik Pemkab Loteng pada Masjid Jamiq Praya. Pihaknya juga berterima kasih pada gubernur dan wakil gubernur atas dukungannya memfasilitasi alat berat guna lancarnya proses pembangunan Masjid Jamiq Praya. Anggota DPRD NTB ini berharap pemerintah dapat mendukung  pembangunan masjid dengan mengalokasikan dana hibah yang bersumber dari APBD NTB tahun 2017.
Sementara Bupati Loteng H. M. Suhaili FT berharap  di samping masjid pertama yang memiliki nilai sejarah  sebagai cagar budaya harus dilestarikan dan dijaga. Suhaili berharap, Masjid Jamiq menjadi pancaran bias sinar (contoh) bagaimana pengelolaan dan penataan masjid  di seluruh masjid di Loteng untuk menumbuhkan semangat keluarga Islam dalam upaya  memakmurkan masjid. ‘’Sehingga Lombok Tengah yang beriman, sejahtera dan bermutu mampu terwujud,’’ jelasnya.
Sebagai daerah pariwisata, ujarnya, Loteng akan dikunjungi oleh wisatawan nusantara dan mancanegara. Untuk itu, warganya  harus memiliki  imunitas kegamaan, sehingga  ketahanan iman dan moral bisa dipertahankan, khususnya keberadaan masjid sebagai sarana tempat beribadah kepada Allah SWT. Tidak hanya itu, pihaknya berkomitmen sebagai pemerintah maupun  sebagai pribadi akan terus mengawal proses pembangunan  Masjid Jamiq.
Komitmen serupa juga disampaikan Wagub NTB H. Muh. Amin. Dalam hal ini, ujarnya, Pemprov NTB akan  mengawal dan membantu proses pembangunan Masjid Jamiq Praya. Sebagai daerah pariwisata, ujarnya, keberadaan Masjid Jamiq bisa menjadi destinasi unggulan Loteng, khususnya wisata religi, karena memiliki nilai sejarah masa lalu yang luar biasa. Meski ada pemugaran  tidak mengurangi nilai sejarahnya. “Harus ada bagian-bagian yang dipertahankan, sehingga kelak nantinya sebagai pusat peradaban Islam  dapat diakses oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal,’’ harapnya. 
Wagub juga berpesan, jika masjid di renovasi secara total,  panitia dapat  memajang foto-foto bentuk aslinya beserta riwayat sejarahnya, sehingga nanti masyarakat bisa mengetahui  nilai sejarah yang terkandung  di Masjid Jamiq. (marham)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive