Be Your Inspiration

Thursday 7 May 2015

Legenda Mata Air Sari Gangga (Bagian 1)


Derap seekor kuda melaju kencang menerobos semak belukar. Seorang prajurit yang terluka berusaha memegang tali kekang kudanya agar tidak terjatuh. Kaki kirinya yang tertancap panah terus mengeluarkan darah. Namun, sang prajurit tidak peduli. Baginya, keselamatan sang raja lebih penting daripada nyawanya.

Seorang prajurit yang piket di menara pengawas kerajaan segera membunyikan lonceng sebagai isyarat bahaya. Prajurit yang sebelumnya beristirahat santai  bersiap siaga dan segera berkumpul di alun-alun kerajaan.


Prajurit yang berjaga di gerbang kerajaan segera membuka pintu saat prajurit dan kudanya mendekat. Tanpa basa basi, dia langsung menuju istana yang menjadi tempat raja biasa memberikan pengarahan pada pasukan kerajaan.

"Ampun, paduka. Ke.. ke.. rajaan Sari Gangga dalam bahaya," ujar prajurit terputus-putus sambil menyembah di tanah pada Raja dan seluruh petinggi kerajaan.

"Bahaya?" tanya Prabu Brandana. "Siapa yang mau menyerang kerajaan?" tanyanya balik.    

"Ampun paduka," jawab prajurit dengan suara semakin melemah. "Raja Mantang. Dia dan prajuritnya sudah sampai hutan Aikmual. Sebentar lagi mereka sampai sini. Mereka mengincar mata air Sari Gangga," jawabnya terbata-bata. Setelah itu, sang prajurit terjatuh lemas dan pingsan.

"Raja Mantang," ujar Prabu Brandana kaget. "Kurang ajar. Mereka berani melawan kita,"

"Nyen Nyeh," teriak Raja memanggil perdana menterinya.

"Hamba, Gusti Prabu," jawab Pangeran Nyen Nyeh datang sambil bersujud.

"Perintahkan semua prajurit siaga. Jangan sampai Prabu Santana dan prajuritnya masuk ke wilayah kita. Jaga juga mata air Sari Gangga dari rebutan siapapun," perintahnya.

"Daulat, Gusti Prabu. Hamba permisi siapkan pasukan," ujarnya. Setelah memberi hormat, Pangeran Nyen Nyeh pun berlalu.

"Bawa prajurit yang terluka ini! Suruh tabib kerajaan merawat dia baik-baik," perintah sang Raja pada prajurit yang lain.

"Daulat Gusti Prabu," jawab beberapa prajurit sambil memberi hormat. Setelah itu, mereka membawa rekan mereka untuk mendapat pengobatan.

Sementara Perdana Menteri Pangeran Nyen Nyeh menyiagakan seluruh prajuritnya. Pasukan pemanah bersiap-siap di atas benteng dan lokasi strategis lainnya.

Warga kerajaan diungsikan ke tempat persembunyian rahasia. Sementara ibu-ibu dan wanita tua berkumpul di lokasi yang sudah disiapkan kerajaan dengan senjata seadanya. Beberapa bayi dan anak-anak yang masih di bawah umur menangis, karena ketakutan dengan kondisi yang terjadi.

Mata air Sari Gangga yang selama ini disucikan warga Kerajaan Sari Gangga terletak di pertemuan dua sungai, yakni Sungai Sari Gangga dan Eyat (bahasa Sasak - sungai kecil) Jontlak yang bermuara di luar istana kerajaan. Sekarang wilayah ini masuk wilayah Kelurahan Jontlak Kecamatan Praya Tengah Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.

Bagi warga sekitar, air ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit dan membawa berkah saat dicampur dengan air lain untuk menyiram tanaman atau rumah.  

Di muara sungai ini, ada batu seukuran gajah besar dengan genangan air kecil di bawahnya. Genangan air di bawah ini tetap jernih, meski air dari dua sungai yang datang dari hulu berwarna kecoklatan dari hulu. Di dekat batu ada satu pohon beringin besar yang berumur ratusan tahun dengan akar yang menjuntai.

Sementara di tepi sungai, tumbuh berbagai jenis pohon yang buahnya bisa dikonsumsi warga kerajaan, seperti jambu air, kelapa, nanas, srikaya dan lainnya. Tidak hanya itu, pohon bambu banyak tumbuh di pinggir sungai, sehingga membuat banyak warga yang datang ke sungai merasa nyaman.

Oleh warga setempat, lokasi air ini dipercaya  berhubungan langsung dengan Sungai Gangga di India. Karena merasa masih punya hubungan dengan Sungai Gangga di India, warga setempat menamakan mata air itu dengan Sari Gangga. Artinya, air yang merupakan sari pati dari Sungai Gangga -- sungai yang disucikan warga India, khususnya umat Hindu.

Asal muasal dinamakan Mata Air Sari Gangga dimulai dengan kedatangan seorang penyebar agama Hindu dari India bernama Laksmana. Laksmana yang didampingi beberapa pengikutnya waktu itu, sedang mencari lokasi yang cocok untuk membangun tempat persembahyangan. Dengan berjalan kaki, mereka kemudian menyusuri sebuah aliran sungai setelah melalui hutan belantara di utara Pulau Lombok. Mereka masuk lewat satu pantai di Lombok Utara yang kini masuk wilayah Kayangan.

Sampai akhirnya, mereka tiba di satu lokasi yang cukup bagus. Di lokasi ini ada sebuah mata air yang berada di muara pertemuan dua sungai. Di dekat itu, mereka kemudian membangun sebuah gubuk kecil dan tempat persembahyangan sederhana. Dari lokasi itulah kemudian mereka mulai menyebarkan ajaran agama Hindu pada masyarakat yang ada di sekitarnya hingga menyebar ke seluruh penjuru Pulau Lombok.

Tak berapa lama kemudian, masyarakat yang tertarik pada ajaran ini kemudian membangun rumah yang terbuat dari bambu dan beratapkan ilalang atau daun enau dan kelapa. Dalam jangka waktu lima tahun, kawasan itu menjadi ramai. Pusat perdagangan pun dibangun dan menjadi lokasi transit para penggelana yang pergi ke daerah lain.

Melihat besarnya potensi yang dimiliki Mata Air Sungai Sari Gangga membuat banyak pihak atau kelompok ingin merebutnya. Apalagi setelah Laksmana mangkat dan digantikan muridnya Resi Bonter. Resi Bonter pun berusaha mengajarkan ilmu silat pada murid-murid dan warga yang ada di sekitarnya dengan tujuan bisa mempertahankan diri dari serangan pihak luar.

Dari hari ke hari jumlah yang belajar semakin banyak, membuat warga sepakat mengangkat Resi Bonter sebagai pemimpin. Resi Bonter pun mempersunting seorang muridnya bernama Seniyah. Dari hasil perkawinannya lahirlah putranya bernama Galih Mandara dan Rende Sasaka.

Seiring berjalannya waktu, Resi Bonter pun mangkat dan dikremasi sebagaimana halnya dengan yang berlaku pada ajaran Hindu. Galih Mandara akhirnya diangkat menggantikan ayahnya. Galih Mandara berusaha memperluas wilayah Kerajaan Sari Gangga hingga seluruh penjuru Pulau Lombok berhasil dikuasai.

Beberapa kerajaan kecil pun ditaklukkannya dan membayar upeti tiap tahun ke Kerajaan Sari Gangga. Namun, Kerajaan Mantang yang berada di utara masih setengah hati membayar upeti ke Kerajaan Sari Gangga. Dipimpin anaknya yang jago berkelahi, Ramba Rimba yang dikenal sebagai Resi Rimbawan, masa kejayaan Kerajaan Sari Gangga ada di masa ini.

Setelah 10 tahun memimpin, akhirnya Resi Bonter memilih menyerahkan tampuk kekuasaannya pada anaknya Resi Rimbawan. Resi Rimbawan yang menikah dengan Putri Giok dari tanah Tiongkok memperoleh dua anak, yakni Putri Ayuning dan Pangeran Kumara.

Pada masa pemerintahan Resi Rimbawan ini, sempat terjadi peperangan dengan Kerajaan Mantang hingga menewaskan Resi Rimbawan, karena raja Kerajaan Mantang Prabu Santana ingin menguasai mata air Sari Gangga. Resi Rimbawan tewas secara ksatria, karena dibunuh secara licik oleh Prabu Santana dalam sebuah peperangan. Hal ini membuat putra-putri Resi Rimbawan pun dendam. Tampuk kekuasaan pun diambilalih Brandana suami dari Putri Ayuning. Mereka dikaruniai dua putra dan 1 putri.


Namun, Prabu Santana rupanya masih bernafsu sehingga kembali mengirim pasukannya merebut mata air Sari Gangga dari tangan Kerajaan Sari Gangga.  (Bersambung)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive