Be Your Inspiration

Tuesday 2 June 2015

Batu Akik Sekotong Diburu Pembeli dan Kolektor Luar Daerah

Inilah batu akik asli Sekotong yang banyak diburu 
para kolektor batu dari dalam dan luar NTB.
Daerah Sekotong Lombok Barat (Lobar) menyimpan banyak potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Tidak saja bongkahan emas yang ditemukan daerah paling selatan Lombok Barat ini, namun juga bongkahan batu akik yang kini tengah “naik daun” juga tersimpan di tanah Sekotong.

Batu akik Sekotong pun banyak diburu para pembeli dan kolektor batu, baik dari dalam daerah maupun dari luar daerah, seperti Jakarta dan Surabaya. Batu akik Sekotong
banyak diburu lantaran  memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri dibandingkan batu akik yang lain. Batu akik di Sekotong mulai ditemukan sejak lama oleh para penambang lokal, namun karena saat itu batu akik belum dikenal luas, sehingga tak banyak warga yang memburu batu ini.

Baru semenjak beberapa bulan terakhir, setelah “demam” batu akik melanda tanah air para penambang local pun mulai memburu batu bernilai hingga jutaan rupiah ini. Entah itu untuk sekadar hobi, dijual dan mengeloleksinya. “Batu akik ini sudah lama ditemukan di Sekotong, tapi mulai banyak dicari setelah batu akik ini banyak diburu,” kata Sahli salah seorang perajin batu akik dari Dusun Telaga Lebur Desa Sekotong Tengah.

Demam batu akik di  Gerung beberapa waktu lalu.
Di Sekotong, ada berapa lokasi pencarian batu akik di antaranya Ujung Langit Dusun Sepi Desa Buwun Mas dan Eyat Bau Buwun Mas. Selain itu, ada juga di daerah Pelangan.  Semenjak banyak yang memburu batu akik, sejumlah lokasi ini kerap dipadati penambang dari luar Lobar, seperti dari Mataram, Lombok Tengah dan Lombok Timur.

Para penambang banyak memburu batu akik ke Sekotong, lantaran kebanyakan bebatuan ini ditemukan di daerah Sekotong. Sedangkan di daerah lain, ada namun tidak banyak. “Hanya di Sekotong saja banyak ditemukan batu akik ini,” akunya.

Dalam mencari batu ini, memerlukan ketelitian, kesabaran dan keahlian. Tidak bias, katanya, batu ini dicari dengan cara ngarang. Namun perlu keahlian melihat batu, seperti urat batu, warna dan bentuk motifnya. Bahkan, untuk mendapatkan batu yang bagus perlu digali hingga tiga meter ke dalam tanah.

Batu akik Sekotong, katanya, banyak diburu karena jenis batunya bagus. Di daerah Lombok ini, batu Sekotong cukup dikenal. Bahkan, batu Sekotong merambah hingga ke luar daerah. Tapi yang mengecewakan, banyak batu Sekotong dijual ke luar, namun setelah dijual berubah labelnya menjadi batu nama lain bukan Sekotong.

Keunggulan batu Sekotong, ujarnya, banyak dicari para pembeli dan kolektor batu, selain batunya yang bercorak khas, batunya memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Beberapa batu yang dihasilkan dari Sekotong seperti, kalsedon, bio solar, lavender, tujung drajat, sarang tawon dan teratai putih.

Salah seorang pengepul batu, Dodi mengakui batu Sekotong banyak dicari oleh kolektor batu dan pembeli. Ia sendiri banyak menjual batu Sekotong, bahkan mengirim ke luar daerah, seperti Jakarta dan Surabaya. “Jenis batu Sekotong yang dikenal salah satunya, batu kalsedon,” ujarnya.

Kelebihan batu Sekotong, jelasnya, selain indah batu Sekotong memiliki skala kekerasan yang tinggi mencapai 7 skala mohs. Artinya, jika diterawang batu tembus cahaya, sehingga banyak pembeli yang ingin membeli batu Sekotong.(Heru)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive