Be Your Inspiration

Friday 25 September 2015

Kagumi Potensi NTB, Dubes Afrika Selatan Jajaki Potensi Kerjasama

Duta Besar Afrika Selatan (Afsel) untuk Indonesia
Pakamisa Augustine Sifuba 
Duta Besar Afrika Selatan (Afsel) untuk Indonesia, Pakamisa Augustine Sifuba mengatakan ia sangat takjub dengan potensi  yang dimiliki NTB. Menurutnya,  potensi NTB terutama  dalam bidang pertanian  sangat potensial. 

“Saya melihat NTB sangat bagus di bidang pertanian, dan infrastruktur jalan  juga sangat  bagus,” ujarnya saat diterima Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH, M.Si di runag kerjanya, Kamis (10/9/2015).
Kunjungan Dubes Afsel ke NTB merupakan kali pertama.  Dalam kunjungan tersebut Sifuba di dampingi Pejabat Direktur Luar Negeri  Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Lasro Simbolon, beberapa pejabat kedutaan dan Staf Kemenlu RI.  
Sifuba melihat, potensi yang ada di NTB memiliki kesamaan dengan Afsel  baik di bidang pertanian, peternakan dan industri kerajinan. Sifuba menceritakan,  di Afsel  sekarang sektor pertanian menjadi sektor unggulan. Ada sekitar 38.000 petani di sana, dimana 98 persen sebagai penyangga ekonomi dan pertanian di Afsel sangat modern.
Dikatakan, Afsel merupakan  salah satu negara eksportir  yang bergerak di bidang pertanian, peternakan dan perkebunan.  Saat ini, katanya,  sudah banyak orang Indonesia yang tinggal di Afsel. "Kita berharap ke depan dapat memanfaatkan dan mengeksplore potensi kedua belah pihak," kata Sifuba. Soal investasi, Sifuba mengatakan akan menjajaki  soal perkembangan kerja sama yang akan dilakukan dengan Pemprov NTB.  
Sementara itu, Wakil  Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH, M.Si   memaparkan potensi dan strategi pembangunan NTB. Ia memaparkan pengembangan sektor pariwisata, rencana pembangunan  Global Hub Kayangan Lombok Utara, sektor ekonomi kreatif dan  potrensi PIJAR (Sapi, Jagung dan Rumput laut).

Wagub berharap,  ke depan akan ada tindak lanjut atau kerjasama guna saling menjajaki  potensi yang ada. Ia juga mengajak investor dari Afsel untuk berinvestasi di NTB. Pemprov NTB, katanya  akan memberikan kemudahan dalam hal regulasi. Mengenai tawaran kerjasama ini, Dubes Afsel merespon baik dan mengundang pemprov NTB berkunjung ke Afsel  untuk mewujudkan kerjasama yang lebih kongkrit. (*)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive