Be Your Inspiration

Tuesday 8 September 2015

Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi Presentasikan KEK Mandalika di Indonesia Investment Day Italia 2015

Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi memanfaatkan momen Indonesia Investment Day di Kota Milan Italia dalam mempromosikan potensi yang dimiliki NTB. Salah satu potensi yang dijadikan promosi khusus adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah bagian selatan.


Asisten II (Bidang Perekonomian dan Pembangunan) Setda NTB Drs. H. L. Gita Ariadi, MSi, yang mendampingi Gubernur NTB ke Milan Italia ini, menjelaskan, Indonesia Investment Day atau Hari Investasi Indonesia ini dibuka Menteri Perindustrian Saleh Husin, Senin (7/9/2015) waktu setempat.

Dalam kunjungan Gubernur NTB ke Milan ini didampingi Asisten II Setda NTB H. L. Gita Ariadi, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BKPMPT) Ir. Ridwansyah, MT, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) NTB Ir. Husni Fahri, MM, dan Direktur Pengembangan PT. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Edwin Darmasetiawan.

‘’Bagi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, acara Indonesia Investment Day di Kota Milan kali ini memiliki arti penting dan strategis, karena salah satu jualan BKPM RI adalah potensi dan peluang investasi di Provinsi NTB khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika,’’ terangnya dalam siaran pers yang diterima, Selasa (8/9/2015).

Menurutnya, Hari Investasi Indonesia digelar di Hotel Excelsior Hotel Gallia Milan betul-betul dimanfaatkan Gubernur NTB dalam mempromosikan potensi yang dimiliki NTB. Apalagi pada acara itu hadir  Duta Besar Indonesia di Italia, Wakil Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Italia, Presiden Italia Trade Agency ( ITA) yang membawa 200 anggota yang merupakan investor-investor Italia di berbagai penjuru dunia, anggota Komisi VI DPR RI dan lainnya.

Saat presentasi, lanjutnya, Gubernur NTB menilai forum tersebut sangat penting dalam mempromosikan sekaligus sebagai upaya percepatan pembangunan KEK Mandalika. Gubernur mengharapkan, investor dari luar negeri, khususnya Italia tertarik berinvestasi di NTB, karena banyak potensi NTB yang belum digarap maksimal.

Setelah acara formal usai, ungkapnya, dilanjutkan acara informal meeting, yakni pertemuan pengusaha Italia dengan perwakilan PT. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), termasuk dengan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BKMPT) Ir. Ridwansyah, MT, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Ir. Husni Fahri, MM, di sebuah board khusus yang sudah disiapkan.

Kepala BKPMPT NTB Ridwansyah, mengungkapkan, jika potensi NTB banyak diminati pengusaha dari luar negeri, seperti dari Italia dan negara Eropa lainnya. Mereka bergerak di sektor pariwisata, perdagangan, industri dan real estate. Tercatat total investasi negara Eropa di NTB pada semester pertama 2015 sebesar 90,6 juta dolar Amerika yang berasal dari Italia, Belanda, Perancis, Inggris, Jerman, Belgia dan lain lain.

Sementara Kepala Disperindag NTB, Husni Fahri memaparkan hubungan dagang antara NTB dan Eropa yang sudah berlangsung lama. Berbagai komoditas unggulan daerah yang diekspor ke Eropa seperti, kerajinan gerabah, mutiara, anyaman ketak, kerajinan kayu, kain tenun, buah kering, lobster, kerapu dan udang.

Menurutnya, sampai dengan Juli 2015 total nilai ekspor ke Eropa sebesar 69,7 juta dolar Amerika atau terjadi peningkatan signifikan dibanding tahun 2014 sebesar 62,06 juta dolar Amerika. Mantan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura NTB ini optimis dengan mengikuti  forum bisnis seperti ini membuka peluang bagi peningkatan jumlah ekspor komoditi unggulan NTB ke kawasan Eropa. (*)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive