Be Your Inspiration

Friday 25 September 2015

Silk Air Jajaki Pembukaan Rute Penerbangan Lombok – Australia

Silk Air jajaki rute penerbangan Lombok - Australia
Maskapai penerbangan asal Singapura, Silk Air menjajaki pembukaan rute penerbangan langsung Lombok – Australia. Manajemen Silk Air telah berkoordinasi dengan Pemprov NTB terkait dengan rencana pembukaan penerbangan dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke negeri Kangguru tersebut. 

“Kemarin ada datang manajemen Silk Air, beberapa bulan lalu. Dia minta pembukaan rute Singapura-BIL-Australia,” kata Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH, M.Si di Mataram, Jumat (18/9/2015).


Menurut Wagub, rencana Silk Air untuk membuka penerbangan langsung ke Australia itu sejalan dengan keinginan Pemprov NTB yang terus mendorong semakin banyaknya pembukaan rute internasional dari BIL. Apalagi, setelah hengkangnya maskapai penerbangan asal Australia, Jetstar Airways yang melayani rute Lombok-Perth akhir tahun lalu.

“Kita akan merekomendasikan sekaligus sama-sama ke Kementerian Perhubungan mengenai rencana pembukaan rute ini. Kita hanya diminta memberikan rekomendasi  agar kita bersam-sama untuk di kementerian. Apa yang diperlukan  kami akan siapkan,” tambah Amin.

Amin menegaskan, Pemprov NTB akan mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan maskapai tersebut untuk mengurus izin di kementerian perhubungan. NTB, katanya sangat berkepentingan supaya ada penerbangan langsung dari Lombok ke Australia yang sudah terputus beberapa bulan ini. Sebelumnya, angka kunnjungan wisatawan Australia ke NTB menempati posisi pertama setelah adanya pembukaan rute Lombok-Perth.

“Kita ingin buka terus rute-rute internasional ini. Karena kebutuhan kita untuk transportasi udara ini. Peningkatan penumpang itu luar biasa. Kita juga mendorong penambahan frekuensi, pembukaan rute baru  dan penambahan armada pesawat,”ucapnya.

Setiap penerbangan Silk Air ke Lombok, rata-rata mengangkut penumpang yang berasal dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Inggris dan negara Eropa lainnya.  Frekuensi penerbangannya hanya empat kali seminggu yakni setiap Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu.

Silk Air merupakan anak perusahaan penerbangan terkenal Singapore Air yang pernah membuka rute penerbangan langsung dari Bandara Changi Singapura ke Bandara Selaparang Mataram Lombok. Rute penerbangan Silk Air ke Lombok yang sebelumnya mendarat di Bandara Selaparang Mataram, kini berpindah ke Bandara Internasional Lombok (BIL) di Tanak Awu, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, sekitar 40 kilometer arah selatan Kota Mataram.

Selain penajajakan pembukaan rute Lombok – Australia, kata Amin, saat ini juga masakapai penerbangan asal Malaysia, AirAsia juga sedang menjajaki pembukaan rute penerbangan langsung dari Lombok-Singapura. Maskapai ini sudah melayani dua rute internasional yakni, Lombok-Kuala Lumpur setiap hari dan Lombok-Johor Baru, Malaysia. (Muhammad Nasir)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive