Be Your Inspiration

Sunday 21 February 2016

Madrasah di NTB Minim Perhatian

Keberadaan madrasah yang mencapai angka ribuan di seluruh NTB belum sepenuhnya mendapat perhatian pemerintah daerah. Hal itu berimbas pada tingkat kualitas madrasah yang sebagian besarnya merupakan berstatus swasta. Untuk itu diperlukan komitmen kuat pemerintah daerah dalam memajukan madrasah khususnya swasta terlebih kontribusi besar madrasah terhadap daerah.



Wakil Gubernur NTB, H. Muh Amin, SH., mengaku kedepan akan lebih memperhatikan kondisi madrasah swasta. Tentu kata dia, komitmen memajukan madrasah senantiasa menjadi perhatian pemerintah.

“Sudah tentu kita punya perhatian khusus walaupun memang iap tahun peningkatan-peningkatan program belum menjadi sesuatu yang sangat signifikan, tapi kita menjadikan ini perhatian,” tegas Amin usai menutup kegiatan Perayaan dan Pameran Madrasah Fase Tiga Program Kemitraan Pendidikan Australia-Indonesia Fase Tiga di NTB 2016, Sabtu (20/2/2016.

pihaknya  mengapresiasi pemerintah Australia yang berkenan memberikan perhatian melalui program-program sosial dan pendidikan untuk meningkatkan kualitas masyarakat melalui pengembangan madrasah.

Menurutnya, pendidikan merupakan investasi pembangunan paling baik. Hal ini penting guna mencapai tujuan millenium dan hasil pembangunan lainnya. Tidak hanya itu, jika melihat tantangan di masa mendatang, tantangannya jauh lebih besar sehingga perlu ada keterlibatan setiap pihak untuk mengembangkan madrasah.

Sementara itu, Ketua Panitia program, Dr. H. Wildan, menegaskan bahwa program yang dilaksanakan oleh Sub National Implementation Partner Madrasah Devlopment Center (SNIP-MDC) menyasar empat kabupaten yaitu Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara dan Kabupaten Bima.

Tujuannya adalah agar madrasah-madrasah swasta yang terletak di pinggir kota dapat bersaing dengan kualitas yang sama dengan madrasah negeri. Selama ini, perhatian pemerintah terhadap madrasah swasta masih belum optimal sehingga kualitasnya juga kurang baik. Melalui program ini, diharapkan madrasah-madrasah yang menjadi sasaran dapat lebih berkualitas.

Dalam kesempatan itu, beragam hasil kerajinan siswa-siswi madrasah swasta dari berbagai daerah di NTB juga ikut ditampilkan dalam pameran yang digelar selama dua hari untuk membuktikan bahwa madrasah-madrasah swasta juga bisa menghasilkan kreativitas dan seni luar biasa. (darso)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive