Be Your Inspiration

Wednesday 24 February 2016

Wagub H. Muh. Amin Minta Petani Tidak Dieksploitasi


 
Wagub NTB H. Muh Amin dan Wabup Lotim 
H. Haerul Warisin 
melakukan tabur perdana 
benih emas tembakau virginia 

Wakil Gubernur (Wagub) NTB, H. Muh. Amin, SH, M.Si menyampaikan petani harus dilihat sebagai sebagai partner, bukan sebagai pihak yang dieksploitasi atas nama profit.
“Bangun kerjasama dengan prinsip berkembang dalam kebersamaan. Saya ingin tabur benih perdana ini dilihat sebagai bagian dari langkah PT. Benih Mas Indonesia untuk maju berkembang bersama petani tembakau, karena meraka adalah partner kita,
ungkap Wagub saat Pemantapan Intensifikasi Tembakau Virginia dan Tabur Perdana Benih Emas Tembakau Virginia, di Gedung Pusat Informasi Agribisnis, Paokmotong, Kabupaten Lombok Timur, Rabu (24/2/2016)
Kegiatan yang diinisiasi Pemerintah Provinsi NTB, melalui Dinas Perkebunan tersebut dihadiri Wakil Bupati Lombok Timur, Hairul Warisin, SKPD terkait dan seluruh kelompok tani tembakau Lombok Timur.
Tembakau Virginia Lombok merupakan salah satu tembakau terbaik di dunia, bahkan  menduduki kualitas ketiga terbaik di dunia setelah Amerika Serikat (USA) dan Brazil. Saat ini produksi tembakau virginia Lombok mencapai tiga puluh ribu ton per tahun menyumbang lebih  dari 65% rata-rata produksi tembakau nasional yaitu sebesar lima puluh tiga ribu ton pertahun.
Saat itu, Wakil Gubernur menyampaikan usaha untuk memajukan pertanian tembakau virginia pun terus diusahakan dan menjadi perhatian pemerintah daerah, baik dengan intensifikasi tembakau virginia maupun membangun kerjasama dengan pihak swasta untuk menjadi bagian dalam usaha pertanian
“Sampai saat ini kita telah melakukan penerapan pola kemitraan dengan 13 perusahaan yang membina, yaitu  mitra sarana produksi, mitra teknologi, mitra pasar,” jelas orang nomor dua di NTB tersebut.
Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Timur, Hairul Warisin mengimbau para petani untuk memperhatikan pola tanam tembaku guna meningkatkan kulitas tembakau yang dihasilkan. “Di samping benihnya yang unggul, juga harus memperhatikan pola tanam, seperti kadar pupuknya, pestisida, kadar air dan hal lain yang menyangkut cara tanam tembakau,” jelasnya. (*)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive