Be Your Inspiration

Tuesday 5 December 2017

Menjadikan Rumah Lebih Indah dan Elegan dengan Batu Sikat

Sutrisno menunjukkan salah satu produk yang terbuat dari batu sikat. Belakangan ini, batu sikat banyak diminati, karena diklaim lebih baik dari keramik

BEBERAPA tahun belakangan, batu sikat menjadi tren untuk melengkapi tampilan rumah menjadi lebih elegan. Batu sikat yang banyak digunakan untuk mempercantik teras, garasi, atau trotoar ini menjadi pilihan dibandingkan dengan menggunakan keramik.

Menurut salah satu pengusaha batu sikat, Sutrisno, tren batu sikat mulai marak sejak 3-4 tahun lalu. “Batu sikat ini banyak diminati karena lebih kuat dibandingkan dengan menggunakan keramik,” terangnya saat ditemui di tempat usahanya yang berlokasi di Jalan Rinjani, Leneng, Praya belum lama ini.

Sutrisno menjelaskan jika batu sikat ini juga lebih tahan lama dibandingkan dengan menggunakan keramik, bisa bertahan lama hingga puluhan tahun. Pria yang sudah 11 tahun menekuni usaha batu sikat ini menambahkan jika batu sikat menggunakan batu laut, bukan batu kali atau batu gunung. “Batu laut yang digunakan diperoleh dari NTT atau Sumatra yang kemudian diolah di pabrik di Surabaya dengan grade yang berbeda-beda,” jelasnya.
Rumah yang menggunakan batu sikat

Sutrisno mengatakan jika batu laut ini keberadaannya lebih banyak dibandingkan dengan batu kali maupun batu gunung. “Kalau batu kali dan batu gunung, beberapa tahun ditambang sudah habis, malahan sekarang kan banyak penambangannya dilarang. Beda dengan batu laut yang tiap hari terbawa oleh ombak, tidak ada habisnya,” imbuhnya.

Untuk batu sikat, ada beberapa warna yang paling sering digunakan yaitu hitam, abu, coklat,orange, dan putih tulang. “Kalau yang paling mahal itu, batu sikat impor yang warnanya lebih cerah seperti merah dan putih susu,” kata Sutrisno.

Ia menambahkan jika tren model batu sikat yang sekarang paling diminati adalah model garis-garis dan motif tradisional seperti motif batik. “Tetapi tergantung dari permintaan konsumennya. Kalau ibu-ibu, sukanya model bunga, remaja sukanya motif kartun atau logo klub sepakbola,” tukasnya.

Pemasangan batu sikat sendiri, kata Sutrisno, tidak membutuhkan waktu yang lama. “Sehari saja bisa jadi untuk ukuran 10 m2 dengan dikerjakan 3 tukang,” terangnya. Model batu sikat yang diinginkan konsumen kemudian ditaburi batu-batu, sehingga membentuk motif yang dimau. “Yang paling sulit itu, buat tulisan karena harus dibuat gambarnya dulu. Sedangkan kalau bunga, tukang sudah ahli, jadi tidak membutuhkan gambar,” ujarnya.

Batu sikat ini bisa tahan lama karena menggunakan campuran semen. “Jadi kalau hujan, tidak bisa menyerap air,” imbuhnya.

Harga batu sikat ini sendiri, kata Sutrisno, lebih murah dibandingkan dengan menggunakan keramik. “Kalau keramik, per m2 harganya Rp 150 ribu, sedangkan kalau pakai batu sikat harganya hanya Rp 130 ribu/m2,” terangnya. Tidak heran, banyak konsumen yang tertarik menggunakan batu sikat ini, selain karena harga yang terjangkau, juga aman untuk anak-anak. “Kalau hujan, tidak licin, sehingga anak-anak tidak terpeleset, tidak seperti pakai keramik,” ujarnya.

Sutrisno mengaku dirinya sudah pernah melayani pelanggan sampai di Pulau Sumbawa. Sementara di Lombok Tengah puluhan proyek sudah dikerjakan, salah satunya adalah jalan di taman Masjid Agung. Para konsumennya sendiri banyak mengetahui dari mulut ke mulut atau melalui sosial media. (Uul Efriyanti Prayoba)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive