Be Your Inspiration

Monday 11 December 2017

Wagub NTB H. Muh. Amin Hadiri Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2017

Wagub NTB H. Muh. Amin bersama kepala OPD lingkup Pemprov NTB melepas merpati pada acara peringatan Hari Aids Sedunia dirangkai dengan Hari Pangan Sedunia di event Inspiratif Expo, Minggu (10/12/2017).

Masyarakat dan keluarga sebagai pranata sosial terkecil memiliki peran strategis dalam  penanggulangan HIV/AIDS. Keluarga dan berbagai organisasi kemasyarakatan harus bersinergi dan berkolaborasi dalam  membebaskan diri  dan menihilkan bahaya HIV/AIDS dan narkoba dari kehidupan.

Demikian pesan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, H. Muh. Amin, S.H., MSi., saat menghadiri Peringatan Hari AIDS Sedunia Tingkat Provinsi NTB di area Car Free Day (CFD) dalam acara Inspiratif Expo Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) NTB, Jalan Udayana Mataram, Minggu (10/12/2017).

Wagub menyebut HIV AIDS sebagai penyakit yang sampai hari ini sulit dicarikan obatnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar tidak tertular penyakit ini adalah dengan menghindari perilaku yang dapat memicu tertular ataupun tersebarnya penyakit ini, yakni dengan menghindari pergaulan bebas dan penggunaan narkoba.

Wagub NTB H. Muh. Amin  memberikan sambutan pada peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2017

Ia berharap momentum  Hari AIDS Sedunia, dapat dijadikan ajang menumbuhkan sikap kritis untuk anti pergaulan bebas dan keteguhan komitmen untuk pemberantasan HIV-AIDS dan penyalahgunaan narkoba. “Kita harus terus melakukan upaya pencegahan bersama dan konsisten dalam melakukan upaya-upaya penanggulangannya," ujar wagub.

Peringatan Hari Anti AIDS Sedunia ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama Hari AIDS Sedunia dan pelepasan burung merpati. Wagub didampingi kepala OPD lingkup Provinsi NTB yang hadir kemudian melepaskan beberapa ekor burung merpati.

Sebelumnya, Ketua Panitia Acara dari Komisi Penanggulangan AIDS NTB, Marjito, melaporkan, obat bagi penderita HIV telah ditemukan. Anti retrovirus, ungkapnya, dapat menjaga penderita HIV AIDS agar dapat tetap sehat, produktif, mencegah penularan baru dan juga dapat memperpanjang umur harapan hidup penderitanya.

Untuk kasus HIV AIDS di NTB sendiri, hingga bulan Oktober 2017, secara akumulatif berjumlah 1.448 kasus, terdiri dari 632 kasus HIV dan 816 kasus AIDS. Jika dibandingkan dengan estimasi nasional sebanyak 3.900 kasus, artinya  capaian NTB baru 46%.  Diharapkannya ke depan NTB mampu mencukupi 54 % lagi, guna mendukung target Indonesia bebas HIV AIDS tahun 2030.
Hari AIDS Sedunia (HAS) mengangkat tema “Saya Berani Saya Sehat” tahun ini peringatannya  dikolaborasikan dengan Hari Kesehatan Nasional, Hari Bakti Pekerjaan Umum dan HUT NTB Ke – 59. Acara berlangsung meriah, dihadiri pejabat dan staf OPD lingkup Provinsi NTB dan masyarakat Kota Mataram.
Wagub NTB H. Muh. Amin dan pimpinan OPD lingkup Pemprov NTB pada menandatangani kepedulian pada penderita HIV/AIDS pada  peringatan Hari Aids Sedunia Tahun 2017.

DI HAS berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperingati HAS dan dirangkai dengan HUT NTB ke 59 antara lain misalnya, Advokasi kepada Pemda Kabupaten /Kota se NTB, Sosialisasi dilanjutkan dengan TES HIV dan IVA bagi ibu-ibu anggota Bhayangkara Polda NTB.

Kemudian Sosialisasi dilanjutkan dengan TES HIV  Mahasiswa dan siswa SMA/SMK maupun Madsarah Aliyah di Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri. Talk show penyalagunaan obat, Narkoba, dan HIV-AIDS bagi siswa di Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB. Kegiatan bersama populasi kunci dan komunitas dalam malam renungan AIDS di BKKBN pada 3 Desember 2017.

Di sela acara Inspiratif expo panitia membagikan doorprize dan berbagai hadiah seperti sepeda dan hadiah menarik lainnya. Acara ini juga dimeriahkan penampilan perkusi dan gendang Beleq serta Tari dari siswa-siswi SMA 6 Kota Mataram menambah semarak Udayana di pagi hari.
Wakil Gubernur NTB, Kadis Kominfotik, Kadis Ketahanan Pangan dan Ketua Panitia HAS melakukan pembubuhan tanda tangan di atas baliho dan secara simbolis melepas burung merpati sebagai tanda pencanangan Hari Aids Sedunia sebagai rangkaian dari peringatan HUT NTB ke 59.  (Diskominfotik NTB)


Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive