Be Your Inspiration

Tuesday 5 December 2017

Kerajinan Sesela Lombok Barat Mulai Kehilangan Generasi Penerus

Perajin Sesela sedang membuat pesanan dari salah satu pembeli luar daerah. Sayangnya, generasi muda Sesela sekarang ini tidak banyak yang menggeluti usaha ini

Desa Sesela selama ini dikenal sebagai salah satu sentra kerajinan kayu di Lombok Barat (Lobar) bahkan di Lombok. Ketenarannya sebagai pusat kerajinan menjadikan pemerintah membuat Pasar Seni Sesela yang menampung perajin kayu dari desa ini untuk memamerkan sekaligus memasarkan produk buatannya. Kerajinan kayu mulai berkembang di Sesela mulai sejak pertengahan 1980-an dan mencapai puncak kejayaan saat tahun 1990-an.

“Orang pertama yang mengajarkan kerajinan di sini adalah Pak Kadir dan Pak Saleh, yang mulanya membuat kerajinan dari bambu yang saat ditawarkan ternyata laku,” aku Muhammad Nasir, salah satu perajin kayu di Dusun Dasan Utama, Desa Sesela, Gunungsari, saat ditemui beberapa waktu lalu.
Nasir bersama beberapa perajin lainnya membuat kelompok untuk memenuhi permintaan yang lebih banyak. Bersama Mujenal, mereka membuat kelompok kerajinan kayu yang terdiri dari puluhan anggota. “Dulu kelompok itu memiliki artshop sendiri, namanya Gallery, tetapi sekarang sudah berubah nama dan dimiliki perorangan,” jelas Nasir didampingi Mujemal.

Ia menceritakan, di saat jayanya dulu, Desa Sesela selalu ramai karena semua masyarakatnya terlibat langsung dalam pembuatan kerajinan kayu. “Yang laki-lakinya ngukir, kalau perempuannya itu yang ngamplas. Anak-anak sekolah juga banyak yang ikut kerja setelah pulang sekolah, pokoknya tidak ada yang berdiam diri,” katanya.

Selain itu, pasaran produk-produk kerajinan kayu Sesela lebih banyak dulu ke Bali, karena pengusaha dan pengepul dari Sesela langsung membawanya ke sana. “Tapi setelah bom Bali pertama awal 2000-an itu, usaha kerajinan di sini mulai lesu,” ujar keduanya.

Mereka mengatakan, permintaan mulai menurun sehingga otomatis banyak perajin yang kemudian beralih profesi dikarenakan tidak adanya pekerjaan. “Mereka banyak yang beralih profesi ke bangunan atau menjadi TKI dibandingkan dengan menjadi perajin,” kata Nasir.

Hal senada disamapaikan Mujemal. Menurutnya, perajin yang masih bertahan kebanyakan bekerja untuk para pengusaha yang memiliki toko di Pasar Seni Sesela. “Jadi sekarang kita bergantung ke mereka, kalau mereka ada pesanan baru kita kerja,” katanya yang sudah hampir puluhan tahun menjadi perajin.

Jika mulai bahan sampai model kerajinan yang dibuat ditentukan tergantung dari pesanan yang diterima pengusaha. Mereka berdua yang termasuk salah satu perajin terbaik di dusunnya, mengatakan lama pembuatan tergantung dari pesanan yang dibuat. “Misalnya seperti gantungan kain, ini bisa jadi 10 buah/hari, sedangkan untuk ukiran ventilasi juga bisa jadi 10 buah/hari,” ujar Mujemal.

Sedangkan untuk hiasan dinding seperti cicak yang menjadi kerajinan khas Lombok bisa dikerjakan dalam waktu 2 hari tergantung dari ukuran yang dimiliki. “Kayu yang biasa kita gunakan adalah kayu mahoni karena seratnya lebih halus dibandingkan kayu yang lain,” kata Nasir. (Uul Efriyanti Prayoba)
Share:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive