Be Your Inspiration

Thursday 26 March 2015

Eksotisme Pantai Sekongkang, Rantung dan Lawar Sumbawa Barat




Pantai Rantung di Sumbawa Barat yang mempesona.  
Bicara destinasi wisata pantai di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tidak akan ada habisnya. Terlebih jika menyebut Kecamatan Sekongkang. Kecamatan ini memiliki sejumlah pantai yang selama ini banyak dikunjungi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara. Apa saja sebenarnya daya tarik pantai di kecamatan yang masuk wilayah lingkar tambang ini, berikut penjelajahan yang dilakukan Suara NTB.



BERADA di bagian selatan Pulau Sumbawa, tak heran kemudian pantai-pantai di Kecamatan Sekongkang merupakan  destinasi idaman wisatawan mancanegara. Selain pasiranya yang putih, ombak sebagai tipikal khas pantai selatan adalah keunggulan pantai-pantai di kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sumbawa ini.

Di kecamatan ini dalam 10 tahun terakhir setidaknya terdapat tiga pantai yang sangat familiar di telinga para wisatawan. Pantai-pantai itu adalah Pantai Tropical, Rantung dan Pantai Lawar.

Pantai Tropical Sumbawa Barat
Ketiga pantai ini secara administratif berada di Desa Sekongkang bawah. Untuk sampai ke masing-masing pantai terhitung sangat mudah, seperti Pantai Tropical dan Rantung nyaris berada di pinggir jalan utama. Kecuali Pantai Lawar dibutuhkan perjalanan sekitar 1 kilometer dari jalan utama, itu pun kendaraan roda empat bisa sampai ke bibir pantai karena akses jalannya sudah cukup memadai.

Umumnya pantai selatan dengan ombak besarnya. Demikian pula dengan Pantai Tropical dan Rantung. Ke dua pantai ini disebut-sebut oleh wisatawan dan masyarakat setempat adalah surganya para peselancar. Berbagai jenis ombak tersaji di kedua pantai ini dengan tingkat kesulitan bervariasi. Tak heran kemudian, ratusan wisatawan mancanegara penggilan olah raga selancar dikabarkan rela berhari-hari berdiam diri di pantai ini hanya untuk sekadar menunggu momen ombak terbaiknya.

Tak hanya ombaknya, baik Tropical maupun Rantung punya garis pantai yang sangat panjang. Dilapisi hamparan pasir putih sepanjang lebih dari 2 kilometer, pesisir kedua pantai ini kerap dijadikan lokasi jogging para wisatawan.

Pantai Lawar Sumbawa Barat
Seperti pengakuan Miriam dan Jamal misalnya. Mereka mengatakan, tak hanya kerap menikmati ombak dengan berselancar tetapi sesekali melakukan jogging di sore hari. “Pantai di sini sangat bagus. Dan kami senang berada di sini,” kata kedua wisatawan asal Barcelona, Spanyol saat ditemui di Pantai Tropical.

Jika Tropical dan Rantung punya ombak dan pasir putih yang bisa memanjakan para wisatawan pencinta olah raga. Suguhan berbeda bisa didapatkan di Pantai Lawar. Di pantai ini wisatawan tidak akan mememukan ombak besar untuk berselancar, karena garis pantainya yang pendek dan berbentuk teluk.

Tapi jangan salah, pantai ini punya keunggulannya sendiri. Sebab pantai menyerupai mangkok ini, punya spot (titik) lokasi untuk kegiatan olah raga diving (menyelam). Informasi yang diperoleh media ini, di sisi timur pantai tersebut ekosistem terumbu karangnya sangat indah sehingga tak heran kerap didatangi oleh para pencinta olah raga menyelam.

Selain memiliki spot diving, panorama Pantai Lawar memiliki nuansa romantisnya tersendiri. Sebab posisinya yang tersembunyi dikelilingi pepohonan rimbun dan pantai bertebing, setiap orang yang datang berkunjung ke pantai ini pasti akan serasa memiliki pantai pribadinya sendiri.(Heri Andi)



Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive