Be Your Inspiration

Thursday 26 March 2015

Ngeri, Banyak Produk Pangan Mengandung Zat Berbahaya Beredar di NTB



Sejumlah produk bahan pangan di Kota Mataram diduga masih mengandung zat berbahaya. Pasalnya, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) masih menemukan adanya sejumlah produk seperti krupuk dan terasi mengandung boraks dan rodamin.


Kabid Pemeriksaan dan Penyidikan pada BBPOM Mataram, Ni Gusti Ayu Nyoman Suarningsih mengaku, masih menemukan produk pangan seperti terasi dan krupuk soda mengandung zat berbahaya seperti boraks dan rodamin. Padahal, beberapa waktu lalu, pihaknya sudah menyita produk yang mengandung bahan berbahayaitu.

Menurutnya, NTB atau Mataram khususnya merupakan tujuan wisatawan dan sudah barang tentu pengunjung menimati wisata kuliner, sehingga perlu diberikan keamanan. “Seperti pelecing dan ayam taliwang kan sering sehingga harus tetap kita jaga,” katanya usai melakukan razia di Pasar Mandalika, Rabu (25/3/2015).

Suarningsih tidak menyebutkan berapa produk yang telah diamankan. Namun demikian, bahan pangan yang berhasil disita tersebut akan dimusnahkan sebagai bentuk efek jera kepada para pedagang. “Sekarang kita tidak sekadar amankan, tapi langsung memusnahkan,” tegasnya. Kebanyakan terasi yang diperjualbelikan di Mataram merupakan produk dari luar daerah seperti Kalimantan, Sulawesi Tenggara dan Medan. Terasi dari Medan masih tetap menggunakan bahan rodamin sebagai pewarna produknya.

Untuk menghentikan praktik seperti itu, menurutnya tidak semudah membalik telapak tangan,  melainkan harus secara bertahap. Hampir setiap bulan dan tahun BBPOM menemukan kasus yang sama. Apakah tidak ada upaya untuk memotong sistem distribusi produk pangan berbahaya tersebut? Tahapan yang dilakukan pihaknya mengedepankan cara – cara persuasif terlebih dahulu. Artinya, pembinaan, pelatihan dan lain sebagainya dikedepankan sehingga masyarakat sadar dan mengetahui produk berbahaya yang dibuat.(Muhammad Kasim)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive