Be Your Inspiration

Tuesday 3 March 2015

Pulau Kenawa Sumbawa Barat, Destinasi Wisata Terpasung Investasi



Inilah daratan Pulau Kenawa di KSB 
(foto dokumentasi DKPP KSB)
Menyebut nama Pulau Kenawa, mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Pulau Sumbawa dan NTB pada umumnya. Yah, pulau yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ini dalam beberapa tahun terakhir mulai terkenal setelah pemerintah setempat menjadikannya salah satu pusat investasi pariwisata bahari yang terintegrasi dalam kawasan gugusan Gili Balu’.


DIBANDINGKAN pulau tujuan wisata yang ada di NTB, Pulau Kenawa adalah yang termudah ditemukan. Betapa tidak, posisinya yang berada tepat di depan Pelabuhan Poto Tano, pintu masuk Pulau Sumbawa dari arah barat. Membuat Pulau Kenawa seakan menjadi “menu pembuka” atau sajian selamat datang bagi para pelancong yang ingin menikmati keindahan alam Pulau Sumbawa.
 
Pulau Kenawa dilihat dari perahu yang menghubungkan
ke Pulau Kenawa dan daratan Pulau Sumbawa. (dokumentasi DKPP KSB)
Untuk sampai ke pulau ini juga sangat mudah. Berjarak sekitar 1,63 kilo meter dari pulau utama. Wisatawan bisa sampai ke Pulau Kenawa menggunakan sampan nelayan sewa di Desa Poto Tano dengan lama perjalanan penyeberangan sekitar 25 menit saja. Setelahnya wisatawan sudah bisa menikmati keindahan pulau yang menjadi ikon utama gugusan kepulauan Gili Balu’ ini.
 
para pengunjung menikmati indahnya Pulau Kenawa
Eksotisme pulau dengan luas sekitar 13,80 hektar ini memang sangat memukau. Memiliki garis pantai sepanjang 1,73 kilometer dengan hamparan pasir putihnya akan membuat para pengunjung merasa kedamaian. 

Keindahan tak hanya sekadar pantainya, daratannya pun tak kalah indah. Pemandangan daratan Pulau Kenawa hanya dibentuk oleh dua bagian. Sebagian dataran luas dengan hamparan ilalang bak sabana dan di bagian baratnya terdapat pegunungan. Tapi meski begitu, ada keindahan tersebunyi yang bisa ditawarkannya. 

Sebab di kala sunrise (matahari terbit) sabana menjadi lokasi terbaik untuk menikmatinya. Sementara waktu sunset (matahari terbenam) lokasi terbaiknya berada di puncak gunung.
 
Sampah berserakan di Pulau Kenawa
Keindahan Pulau Kenawa tak sampai di daratan dan pantainya saja. Panorama bawah lautnya pun lebih menggiurkan. Terdapat beberapa spot 
(lokasi) snorkeling di Pulau Kenawa di mana ekosistem karang dan biota lautnya terhitung lengkap. Maka tak heran kemudian jika Pemerintah KSB selain menetapkan Kenawa sebagai lokasi pengembangan pariwisata juga sebagai area budidaya perikanan karena ekosistem bawah lautnya yang masih sangat terjaga.
 

Fanorama alam bawah laut di Pulau Kenawa. (dokumentasi DKPP KSB)

Karena kesempurnaan keindahannya inilah yang membuat Pulau Kenawa dalam beberapa tahun terakhir menjadi sangat terkenal. Puluhan backpacker yang berprofesi sebagai blogger telah mendatangi pulau ini dan selanjutnya menuangkan ketakjubannya melalui tulisan yang dirilis di dunia maya. Maka tak heran sekarang sangat mudah untuk mencari referensi terhadap pulau Kenawa melalui internet (Heri Andi)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive