Be Your Inspiration

Sunday 1 March 2015

Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi Canangkan Gerakan Objek Wisata Bersih




Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi menyerahkan sapu
pada salah satu anggota Pokdarwis pada acara gerakan objek wisata bersih
di Pelabuhan Bangsal Pemenang KLU, Sabtu (28/2.2015)

PEMPROV NTB mencanangkan Gerakan Objek Wisata Bersih sebagai bagian dari pelaksanaan Sapta Pesona dan upaya menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah. Gerakan Objek Wisata Bersih ini dicanangkan langsung Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi, dalam acara yang digelar di Pelabuhan Bangsal, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Sabtu (28/2/2015).



Pencanangan ditandai dengan penyerahan alat-alat kebersihan lingkungan oleh Gubernur NTB kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Lombok Utara (KLU), Pokdarwis Senggigi dan perwakilan Polsek Pemenang. Turut menyaksikan, Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu yang hadir bersama jajaran, sejumlah pejabat lingkup Pemprov. NTB, tokoh masyarakat, anggota Pokdarwis dan para pelaku wisata. 
 
Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu menyerahkan sapu
pada anggota Polisi pada acara gerakan objek wisata bersih
di Pelabuhan Bangsal Lombok Utara, Sabtu (28/2/2015)

Gubernur Dr. TGH. M. Zainul Majdi dalam sambutannya mengatakan, Gerakan Objek Wisata Bersih dan Kelompok Sadar Wisata ini merupakan salah satu program strategis Pemerintah Provinsi NTB dalam mengembangkan sektor pariwisata di daerah. 

Menurut Gubernur, selain faktor keamanan dan kenyamanan, faktor kebersihan termasuk hal yang sangat penting untuk menarik minat wisatawan. Oleh karena itu, kebersihan harus menjadi perhatian seluruh pihak, karena kebersihan lingkungan adalah bagian dari keindahan dan kekuatan sebuah destinasi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB H.Lalu Muhammad Faozal, S.Sos.M.Si mengatakan, pencanangan Gerakan Objek Wisata Bersih bertujuan mendorong kesadaran masyarakat untuk terlibat aktif dalam menjaga kebersihan, khususnya kebersihan lingkungan di kawasan-kawasan pariwisata.

Gerakan Objek Wisata Bersih diawali dengan melibatkan 143 Pokdarwis yang tersebar di 11 destinasi utama di NTB. Pokdarwis ini akan bekerjasama dengan Pemprov NTB dan kabupaten/kota, untuk menggalakkan kebersihan di seluruh tempat pariwisata di NTB.

Selain untuk menarik minat wisatawan, kegiatan ini juga merupakan bagian dari mewujudkan Sapta Pesona Pariwisata, yaitu aman, tertib, bersih, indah, sejuk, ramah dan kenangan. “Hal ini adalah bagian dari upaya menyakinkan para wistawan, bahwa kita siap menghadirkan destinasi yang bersih, aman dan nyaman,” tutur Faozal.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB H. L. Moh. Faozal
memberikan sambutan pada Gerakan Objek Wisata Bersih
di Pelabuhan Bangsal Pemenang Lombok Utara, Sabtu (28/2/2015)
Sementara itu, Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH mengatakan, kegiatan semacam ini sangat penting bagi kemajuan sektor pariwisata, ke depan. Oleh karena itu, ia menyampaikan terima kasih kepada Pemprov. NTB yang telah menginisiasi kegiatan ini. 

Ia menambahkan,  Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara baru dibentuk tahun ini dan terpisah dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi. Dengan terbentuknya Dinas Pariwisata KLU, maka ia berharap pihaknya bisa lebih berkonsentrasi dalam mengembangkan sektor pariwisata KLU yang memiliki potensi besar ini.

Saat ini memang kami belum secara utuh memikirkan destinasi pariwisata Kabupaten Lombok Utara. Khususnya di daerah di tiga gili karena Kabupaten Lombok Utara baru berumur 6 tahun.  Dan, ke depan kami akan memberikan fokus perhatian pada Destinasi ini. Namun, karena kemampuan pembiayaan kita sangat terbatas, tentu kami berharap perhatian lebih dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat,” ujar Bupati.

             Kendati demikian, Bupati optimis, kunjungan wisatan ke KLU akan terus bertambah. ‘Kalau NTB menargetkan angka kunjungan  sebesar satu juta, Bupati berharap angka itu didapatkan dari KLU. Sebab, tahun lalu jumlah angka kunjungan wisatawan  ke KLU mencapai 540.000 orang . ‘’ Wisatawan belum sempurna berwisata ke NTB kalau belum datang ke Gili Trawangan,’’ ujar Bupati. (humas NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive