Be Your Inspiration

Wednesday 14 January 2015

NTB akan Kembangkan Family Tourism




GUBERNUR NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi mengatakan, arah pengembangan pariwisata NTB ke depan ditekankan kepada  family tourism atau wisata keluarga. Untuk itu, hotel dan restoran serta produk-produk yang dikonsumsi oleh wisatawan atau masyarakat secara keseluruhan harus benar-benar dijamin kehalalannya.


‘’Saya meminta secara khusus terkait dengan  arah pengembangan wisata kita ke depan lebih kepada familiy tourism  atau wisata keluarga. Supaya sertifikasi  dari hotel dan restoran kita serta produk-produk yang dikonsumsi oleh banyak warga kita, kehalalalnnya itu harus difasilitasi oleh pemerintah provinsi,’’ pesan Gubenrur NTB, Selasa (13/1/2015).

Untuk menjamin kehalalan berbagai produk yang akan dikonsumsi oleh wisatawan termasuk masyarakat banyak, gubernur meminta kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) NTB bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) untuk melakukan sertifikasi tersebut.

“Sehingga ada jaminan dari kehalalan dan higienitas dari produk-produk yang dikonsumsi oleh masyarakat kita,”imbuhnya.

Menurut gubernur, NTB sebagai destinasi wisata syariah, menggarap pasar family tourism  adalah hal yang tepat. Karena, orang-orang yang sudah berkeluarga, khususnya kalangan usia lanjut, akan lebih menikmati kekayaan budaya dan keindahan alam di daerah tujuan wisata.

Untuk event-event skala provinsi maupun skala nasional yang akan dilaksanakan tahun 2015 dan 2016 mendatang, gubernur meminta kepada SKPD terkait agar mendukung dan mensukseskan event-event tersebut supaya berjalan dengan baik. Seperti salah satu event skala internasional yang diinisiasi oleh pemerintah provinsi yakni event Tambora Menyapa Dunia tahun 2015.

Dimana, event ini akan melibatkan para pakar atau ahli kegunungapian dan geologi dunia. Begitu juga dengan event-event skala nasional seperti Jambora Pramuka Nasional, pelaksanaan MTQ dan Hari Pers Nasional pada tahun 2016 mendatang harus berjalan dengan baik.

Tahun 2014 lalu, total angka kunjungan wisatawan ke NTB menembus angka  1.629.122 orang. Dengan rincian  wisatawan mancanegara sebanyak 752.306 orang dan wisatawan domestik sebanyak 876.816 orang. Atau meningkat dari target angka kunjungan wisatawan ke NTB tahun 2014 sebanyak 1,5 juta orang.
Sementara itu, pada tahun 2015 ini, Pemprov NTB  terus berupaya mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke daerah ini.  Sesuai RPJMD NTB 2014-2018, target angka kunjungan tahun 2015 ini sebanyak 1.705.400 orang.  Dengan rincian wisatawan mancanegara sebanyak 697.363 orang dan wisatawan nusantara sebanyak 1.008.037 orang. (Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive