Be Your Inspiration

Friday 9 January 2015

Wisata Paralayang di Nipah Lombok Utara Segera Dikembangkan



Aktivitas paralayang di Pantai Nipah KLU. Pantai Nipah
akan dikembangkan menjadi
kawasan wisata bertaraf internasional. (dokumentasi Dishut NTB)
Pemprov NTB segera meneken kerjasama pemanfaatan jasa wisata alam dengan salah satu investor yang akan mengembangkan wisata paralayang di daerah Nipah Kecamatan Pemenang Lombok Utara. Investor itu akan mengelola lahan sekitar 70 hektar, namun yang bisa digunakan untuk membangun fasilitas wisata paralayang hanya 10 hektar.


“Penandatangan kesepakatan akan dilakukan tahun 2015 ini. Investor akan membangun dan mengembangkan wisata paralayang,” kata Kepala Biro Kerjasama dan Sumber Daya Alam (Kesda) Setda NTB, Drs. L. Dirjaharta, M.Si.

Ia mengatakan investor yang akan mengembangkan wisata paralayang itu adalah PT. Tanah Upa Indonesia dengan investasi puluhan miliar rupiah. Kawasan yang akan dikerjasamakan itu termasuk wilayah hutan lindung, namun saat ini sudah mulai gundul. Untuk itu, dalam merehabilitasi ekosistem yang ada di sana, pemda menggandeng pihak ketiga untuk melakukan reboisasi.

Luas lahan yang akan dikerjasamakan seluas 70 hektar. Namun, dari luas itu, investor hanya diperbolehkan membangun fasilitas mendukung wisata paralayang itu hanya sebanyak 10 hektar. Sisanya, mereka harus melakukan rehabilitasi hutan dengan menanam tanaman kayu putih.

“PT Tanah Upa Indonesia  70 hektar dikasi, namun hanya 10 hektar untuk bangun fasilitas pariwisata. Dari kerjasama itu nantinya akan ditentukan berapa pemasukan yang diterima daerah setiap tahunnya,” imbuhnya.
Dirja mengatakan, investor itu sudah mulai melakukan pemagaran dan pada tahun ini akan mulai melakukan aktivitasnya. Mereka akan menanam kayu putih yang kemudian akan disuling menjadi minyak kayu putih. 

Selain itu, dalam mendukung wisata paralayang, mereka mereka juga akan membnagun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Angin.

Kawasan Nipah tergolong memiliki site untuk olahraga Paralayang yang cukup lengkap. Selain memiliki potensi bentuk topografi berbukit-bukit dan ketinggian yang cukup untuk take off, sekitar pantai Nipah juga terdapat lahan landai yang dapat digunakan sebagai tempat untuk mendarat. Ditambah dengan pemandangan pantai yang indah, kawasan Pantai Nipah sangatlah strategis untuk dikembangkan sebagai salah satu tempat olahraga Paralayang berkelas internasional. (Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive