Be Your Inspiration

Tuesday 17 May 2016

Berburu Ombak di Pantai Tanjung Kablet Sekotong Lombok Barat

Tanjung Kablet Sekotong Lombok Barat
Tak jauh dari lokasi senjata meriam di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat (Lobar), terdapat lokasi wisata nan indah. Pasir pantainya tampak putih dengan ombak yang tinggi mengundang para wistawan Eropa berburu ombak di pantai itu. Pantai yang dimaksud ini adalah  Tanjung Kablet. Pantai ini telah menyita perhatian wisatawan dunia khususnya peselancar, nama pantai ini belum begitu banyak diketahui masyarakat Lombok.

Lokasi pantai ini terpisahkan oleh Bukit Bangko Bangko. Waktu tempuh dari Gerung hingga  ke lokasi ini kurang lebih 2 jam perjalanan.
Namun, dengan diperbaikinya infrastruktur jalan dan jembatan membuat waktu tempuh menjadi lebih singkat. Buruknya fasilitas jalan memang sering dikeluhkan para pengunjung, terutama akses dari Desa Batu Putih menuju Pemalikan yang masih berbatu. Meski belum ada jaringan listrik, sebagian penduduk telah menggunakan genset untuk menerangi rumahnya. Bahkan ada pula yang menggunakan teknologi panel surya.

Dari keterangan warga sekitar,  bahwa kerap kali tamu asing datang menggunakan speedboat dari Bali. Mereka kebanyakan adalah penggemar olahraga selancar dari berbagai belahan dunia. Ada pula tamu yang sengaja datang menggunakan helikopter ke lokasi ini di sebuah bukit landai hanya untuk berburu ombak.

Dulunya Tanjung Kablet sangat berbeda dari yang sekarang. Dulu, tamu yang datang terpaksa harus menginap seadanya di rumah-rumah penduduk. ‘’Kini, pantai yang masuk dalam kawasan Pemalikan itu sudah penuh dengan rumah sewa (bungalow) dan rumah makan mini di pesisir pantai,’’ ujar Opik, salah seorang pengunjung.

Diakui, selama seminggu ketika cuaca bagus untuk surfing, wistawan mencapai ratusan orang datang ke lokasi itu. sampai-sampai pengelola tidak mampu menampung karena jumlah pengunjung sangat membeludak. ‘’Kadang tidak bisa tertampung,’’ akunya. Kebanyakan wisatawan yang datang dari Australia, Brazil dan Eropa.  Dengan jumlah penduduk yang cukup besar, kawasan Pemalikan telah memiliki sebuah sekolah Madrasah Ibtidaiyah.  Pemalikan menawarkan lingkungan yang alami dan menyimpan potensi pariwisata yang luar biasa.  

Namun sangat disayangkan lokasi wisata ini tidak tertata dengan rapi. Bahkan diduga bangunan yang ada di lokasi ini llegal karena tak mengantongi izin dari Pemkab setempat. Lambat laun jika dibarkan akan berdampak tidak baik bagi kawasan itu, karena ke depan kawasan ini akan berkembang seiring dengan akan dibangunnya infrastruktur jalan ke kawasan itu. (Heru Lombok Barat)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive