Be Your Inspiration

Wednesday 11 May 2016

Pertengahan Mei 2016, UNESCO akan Kembali Datangi Geopark Rinjani

Porter di Gunung Rinjani (Dokumentasi Sahmat Darmi)
Komisi Nasional Indonesia untuk Unesco (KNIU) sebelumnya telah mendatangi Gunung Rinjani sebelum didatangi oleh tim assessor dari Unesco. Pekan depan, pada Selasa (17/5/2016) dua assessor UNESCO akan datang melakukan penilaian, Maurizio Burlando dan Soojaeeli. Kedatangan keduanya untuk melakukan penilaian kelayakan Gunung Rinjani dijadikan sebagai geopark dunia.

‘’Sudah dijadwalkan akan datang dua orang assessor pada tanggal 17 Mei ini untuk melakukan penilaian terhadap Geopark Rinjani,"
kata Perencana Pengembangan Kawasan Geopark Rinjani, Budi Karyawan  Senin (9/5/2016).

Sebelumnya terdapat 12 item catatan yang diberikan oleh Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. Dari 12 item itu, salah satunya terkait infrastruktur jalan yang terbilang belum memadai. Sehingga harus ada perbaikan jalan agar lokasi itu dapat dikatakan laik untuk dijadikan sebagai jalan menuju geopark dunia.

Selain itu, kesiapan masyarakat dalam menyambut Rinjani sebagai geopark dunia juga perlu ditingkatkan. Sebab keberadaan masyarakat dan kehadirannya dalam menyambut setiap wisatawan sangat penting. Apalagi ini juga berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat di masa mendatang.

‘’Bagaimanapun, kita tetap optimis menjadikan Geopark Rinjani menjadi geopark dunia," kata Budi.
Selain itu yang menjadi catatan juga rerkait kesiapan destinasi wisata yang mendukung di sekitar geopark. Misalnya air terjun, savana dan lain sebagainya. Apalagi perjalanan menuju Gunung Rinjani yang melewati aik berik sangat strategis.

‘’Kalau lewat sembalun ada savana, kalau lewat senaru bisa langsung ke Segara Anak. Kalau lewat Aik Berik itu komplit ada airnya di sepanjang jalan dan juga ada savananya," tuturnya. Kehadiran para KNIU juga diharapkan dapat memberikan masukan bagi kelangsungan Geopark Rinjani sebelum dilakukan penilaian oleh dua orang assessor yang akan datang pekan depan ini. (lingga/SN)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive