Be Your Inspiration

Friday 13 May 2016

Masyarakat Adat Ende Sengkol Sambut Tahun Baru Sasak

Rasi Bintang
Sejumlah masyarakat di Pulau Lombok menyambut Tahun Baru Sasak (Ngandang Rowot) yang jatuh pada tanggal 5 Sya’ban 1437 H. Tahun baru Sasak tiba sering munculnya Bintang Rowot yang posisinya di wilayah Timur Laut.

Diperkirakan bintang tersebut muncul pada Jumat (13/5/2016) pagi. Sementara rangkaian prosesi menyambut masuknya tahun  ini dimulai sejak, Kamis (12/5/2016).
Doa bersama terlaksana di Kampung Adat Ende, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

“Bakda Isya baru dimulai rangkaian prosesi ngandang rowot. Prosesi dan rangkaian acara diisi dengan doa bersama dalam rangka menyambut tahun baru,” kata Direktur Lembaga Rowot Nusantara Lombok L.Ari Irawan, Kamis (12/5/2016).

Dijabarkan, fenomena pergantian tahun ditandai dengan munculnya tujuh bintang di pelupuk timur saat subuh hari. Ketujuh bintang itu membentuk rasi yang tak beraturan sehingga seolah – olah berpola dikejar oleh bintang orion atau bintang tenggale, sebutan masyarakat suku Sasak.
“Pergantian tahun menurut masyarakat suku Sasak ditandai dengan munculnya tujuh bintang yang letaknya berada di depan bintang orion, atau bintang tenggale kalau kita menyebutnya,” jelas Ari

Selain prosesi adat, beberapa tokoh kebudayaan di wilayah setempat akan memberikan kultum mengenai sistem penanggalan, atau penentuan waktu dalam konsep Islam dan konsep masyarakat Sasak. Selanjutnya, masyarakat akan berbondong – bondong menanti tibanya pergantian tahun dengan melihat rasi bintang di ufuk timur.

Menurutnya, masyarakat Sasak mengenal dua musim yang berputar dalam setahun. Padahal, kalau dikaji secara mendalam ada 12 musim atau mangse yang terus berputar secara bergantian.
“Orang Sasak hanya mengenal dua musim atau mangse, yakni ketahun dan kebalit. Ada dua belas mangse sebetulnya yang berputar selama setahun. Tetapi yang besar itu hanya dua yakni Ketahun (Kemarau, red) dan Kebalit (penghujan,red) itu,” tandasnya. (met/SN)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive