Be Your Inspiration

Thursday 19 May 2016

Pemprov NTB Jalin Kerjasama Pembangunan dengan Provinsi Ningxia Tiongkok

Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi bersama Wagub Provinsi
Ningxia Tiongkok Wang He Shan jalin kerjasama
Pemprov NTB menyepakati kerjasama pembangunan dengan Provinsi Ningxia Tiongkok. Kesepakatan itu tertuang dalam pernyataan bersama antara  Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi dengan Gubernur Ningxia yang diwakili Wakil Gubernur Wang He Shan di Yinchuan ibukota Provinsi Ningxia, Rabu (18/5/2016).

 “Hal ini dapat dimaknai sebagai langkah penting untuk saling menyerap hal-hal baik dan saling belajar tentang pengalaman-pengalaman cerdas
dari  kedua daerah agar dapat berkembang lebih maju,’’ kata Gubernur NTB dalam siaran pers yang diterima, Rabu (18/5/2016).

Gubernur mengaku, NTB dan Ningxia memiliki potensi yang sama, baik potensi pertanian, pariwisata dan potensi pertambangan. Provinsi Ningxia dengan luas wilayah 60 ribu km2 memiliki sejarah panjang, di mana 10.000 tahun yang lalu telah ditemukan situs sejarah. Bahkan, 3000 tahun yang lalu telah berpenduduk dan 1000 tahun yang lalu sudah memiliki kekaisaran.

Saat ini, terdapat 5000 masjid dan  36% dari 6,6 juta atau 2,4 juta penduduk Ningxia beragama Islam. Gubernur Ningxia adalah penganut Islam dan satu-satunya wanita kepala pemerintahan provinsi di Tiongkok. Di tengah keberagaman sukunya, Pemerintah Ningxia berhasil membangun toleransi antarsuku-suku  maupun antarumat beragama. "Perbedaan suku dan agama sangat dihargai di sini dan kita kagum bahwa di sepanjang jalan yang kita lalui tadi dapat ditemukan simbol-simbol Islam dan restoran makanan halal," ungkapnya.  
Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi berbincang
dengan Wagub Ningxia Tiongkok Wang He Shan

Diakuinya, dengan pertumbuhan ekonomi 8 persen di tahun 2015 dan 6 persen pada  triwulan pertama tahun 2016, Ningxia patut dijadikan contoh lokasi yang dapat ditimba ilmunya dalam pembangunan ekonomi. Di daerah ini tidak nampak perbedaan yang jauh antara kemajuan kota dengan desa. Bahkan, di tiga tahun terakhir pertumbuhan ekonomi desa lebih tinggi dari kota.

Sementara Wakil Gubernur Ningxia Wang He Shan, mengungkap ada empat hal yang dilakukan dalam membangun daerah. Pertama, fokus mengembangkan satu produk unggulan pada tiap desa, mengutus tenaga ahli untuk bekerja membangun desa dan mewujudkan sinergi antara perusahaan swasta dengan desa sesuai potensimasing-masing. Selain itu, pembangunan infrastruktur yang berfokus utama pada pembangunan jaringan irigasi agar pertanian dapat berkembang pesat.

Di Ningxia, lanjutnya, setiap tahunnya digelar Expo Asia-Arab. Pihaknya mengundang mengundang delegasi Provinsi NTB untuk berpartisipasi pada Expo Asia-Arab pada bulan September tahun 2017.

Dalam kunjungan ke Tiongkok ini, Gubernur NTB didampingi Ketua Tim Penggerak PKK NTB Hj. Erica Zainul Majdi, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan), Ir. Hj. Budi Septiani, Kepala Badan Ketahanan Pangan  (BKP) NTB, Ir. Hj. Hartina, MM, Sekretaris Bakorluh, Ir. Hj. Husnanidiaty Nurdin, MM, Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Ir. I Gusti Bagus Sugihartha, MT, Kepala Biro  Administrasi Kerjasama dan Sumber Daya Alam, Ir. H. Mohammad Rum, MT, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB H. Yusron Hadi, ST, M.UM.  (r)





Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive