Be Your Inspiration

Monday 23 May 2016

Rute Perth - Lombok akan Dibuka Lagi

Rute Penerbangan AirAsia ke dunia
Rute penerbangan internasional dari Perth, Australia menuju Lombok International Airport (LIA), sedang diupayakan untuk dibuka kembali. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB meyakinkan maskapai Air Asia agar berkenan menjajaki rute yang pernah dilalui oleh Jetstar tahun 2014 - 2015 lalu.


"Air Asia sudah kita yakinkan agar mau menjajaki rute Perth - BIL secara direct fligth (penerbangan langsung, red). Kami telah bertemu dan membahas ini dengan manager marketing manajemen Air Asia di Jakarta," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) NTB, H.L. Moh. Faozal, S.Sos.,M.Si, di  Senggigi, Kamis (19/5/2016).

Dikatakan, dana marketing fund yang telah disiapkan untuk maskapai Air Asia berjumlah Rp 1,5 miliar. Anggaran tersebut akan diserahkan kepada pihak maskapai, segera setelah menyepakati penjajakan jalur penerbangan internasional ini. Anggaran untuk marketing fund tersebut akan dialokasikan dari kas Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB tahun ini.

Sebagai hasil pertemuan awal, maskapai Air Asia akan menjajaki rute tersebut setelah melakukan analisis pasar. Waktu yang dibutuhkan oleh pihak manajemen Air Asia, kata Faozal hanya sekitar empat bulan. Jangka waktu tersebut relatif lebih singkat ketimbang kebutuhan waktu untuk menganalisis pasar yang dilakukan oleh maskapai Garuda. ‘’Penerbangannya, lebih cepat lebih baik. Tetapi kemungkinan mereka akan mulai pada September besok. Mereka butuh waktu empat bulan untuk mengkaji rute, menganalisis pasar. Lebih singkat daripada Garuda, Garuda malah mintanya tahun depan, dan itu pun belum tentu,’’ katanya.

Faozal mengatakan, Kantor Marketing Manajemen Air Asia telah berpindah dari Kuala Lumpur ke Jakarta. Hal ini memudahkan akses jangkauan bagi pihaknya untuk membuka komunikasi demi membangun relasi. Upaya meciptakan konektivitas dari luar menuju dalam negeri ini dilakukan demi mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan asing ke daerah ini.

Selain meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, pembukaan rute penerbangan langsung dari Australia menuju Lombok, untuk mengambil kesempatan bandara bebas visa. Menurut Kadisbudpar, akan sangat sia - sia kebijakan bandara bebas visa tersebut tanpa adanya akses penerbangan internasional.


"Bandara kita sekarang sudah bebas visa, akan sia - sia rasanya ketika tidak ada penerbangan internasional secara langsung. Kita coba manfaatkan situasi ini demi meningkatkan angka kunjungan wisatawan,’’ katanya. (met/Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive