Be Your Inspiration

Tuesday 17 May 2016

Pemprov NTB Jajaki Kerjasama Industri Pertanian dan Pariwisata dengan Tiongkok

Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi bersama Walikota Luo He
Tiongkok
Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi bersama sejumlah pimpinan SKPD melawat  ke Tiongkok untuk menjajaki sejumlah kerjasama dalam bidang industri pertanian dan pariwisata. Rombongan dari Pemprov NTB yang berjumlah 9 orang itu, akan berada di Negeri Tirai Bambu dari  15 - 21 Mei 2016.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB, H. Yusron Hadi, ST, MUM yang ikut dalam rombongan itu mengatakan, lawatan gubernur bersama rombongan akan berlangsung di tiga kota yang masuk dalam dua provinsi di Tiongkok.

Yakni Kota Luo He dan Zhengzhou Provinsi Henan serta Kota Yinchuan Provinsi Ningxia.

‘’Maksud kunjungan kali ini ada tiga, pertama adalah menjajaki kerjasama strategis industri pertanian dan pariwisata dengan  pemerintah Kota Luo He.  Sekaigus menghadiri the 14th China Food Expo dan Institute Technology di Kota Luo He Provinsi Henan,’’ kata Yusron, Senin (16/5/2016).

Turut serta dalam rombongan yang dipimpin Gubernur NTB itu antara lain Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan), Ir. Hj. Budi Septiani, Kepala Badan Ketahanan Pangan  (BKP) NTB, Ir. Hj. Hartina, MM, Sekretaris Bakorluh, Ir. Hj. Husnanidiaty Nurdin, MM, Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Ir. I Gusti Bagus Sugihartha, MT, Kepala Biro  Administrasi Kerjasama dan Sumber Daya Alam, Ir. H. Mohammad Rum, MT dan lainnya.

Yusron mengatakan, gubernur juga akan mengadakan pertemuan dengan Gubernur Henan terkait pengembangan kerjasama ke dua wilayah. Selain itu, gubernur juga akan  menandatangani Letter of intents (LOI) kerjasama sister  province antara NTB dengan Provinsi Ningxia.  Sekaligus juga mengadakan pertemuan dengan Direktur Badan Perencanaan Pembangunan, Direktur Perdagangan dan Dinas Pertanian/Peternakan Provinsi Ningxia di Kantor Department Of Foreign Affair Ningxia.  ‘’Direncanakan pula akan mengunjungi pabrik pengolahan makanan halal dan pabrik budidaya sapi di Kota Wuzhong,’’ kata Yusron.

Yusron menambahkan, gubernur juga melakukan pertemuan dengan Walikota Luo He. Di hadapan walikota dan  para pejabat utama Kota Luo He, gubernur kata Yusron menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan yang telah diberikan oleh Pemerintah Luo He yang dinilai sangat luar biasa penuh keramahtamahan dan persahabatan.

Pada kesempatan tersebut gubernur mengatakan tujuan kedatangan rombongan Pemprov NTB berkunjung ke kota tersebut dalam rangka  menjajaki kerjasama dan meningkatkan peluang kerjasama dalam berbagai bidang antara NTB dengan Pemerintah Kota Luo He. Menurut gubernur, kemajuan daerah Luo He dalam sektor industri pengolahan pertanian dan pariwisata menjadi daya tarik tersendiri.
Opening Ceremony The 14th China (Luo He) Food 2016
‘’NTB  ingin belajar banyak dan membuka kesempatan terhadap kerjasama yang saling menguntungkan antara Kota Luo He dengan Pemerintah NTB dalam bidang-bidang yang sama kita ketahui menjadi leading sector bagi kemajuan perekonomian masyarakat di Luo He,’’ kata Yusron mengutip pernyataan gubernur.

Pada kesempatan tersebut gubernur, lanjut Yusron,  juga memaparkan beragam potensi yang dimiliki NTB. Pada bagian akhir, orang nomor satu di NTB ini mengundang Walikota Luo He untuk datang ke NTB untuk melihat secara lebih dekat potensi yang dimiliki NTB. Walikota Luo He pada kesempatan tersebut mengaku akan berkunjung ke Mataram.

‘’Terlebih mereka sudah banyak  mendengar kemajuan industri pariwisata NTB dan keunggulan daerahnya di sektor pangan. Sebagai daerah yang memiliki sejarah panjang di antara daerah lainnya di Cina (Tiongkok), dan telah mampu mengubah struktur ekonomi masyarakat dari  pola agraris dan kini telah maju pesat indutri yang bertumpu pada sektor pertanian dalam  arti luas bersedia  membagi pengalaman dan bekerjasama lebih  konkrit ke depan dalam memberi keuntungan bagi ke dua daerah.’’ tandasnya.(nasir/Humas NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive