Be Your Inspiration

Sunday 22 October 2017

Air Terjun Siu Tao di Bentek Lombok Utara yang Masih Perawan

Air terjun Tiu Sao di Desa Bentek belum banyak dikenal. Selain ini, Desa Bentek masih memiliki lima air terjun yang indah

Desa Bentek, Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara (KLU) memiliki banyak potensi wisata. Sayangnya objek wisata yang dimiliki tidak banyak dikenal oleh publik. Hal ini mengundang keprihatinan tersendiri bagi Kepala Desa Bentek, Warna Wijaya.

Kepada wartawan Jumat (20/10/2017), Warna mengakui sentuhan pemerintah di objek wisata di desanya belum banyak disentuh. Sebagai sebuah desa dengan potensi wisata yang beragam, wisata Bentek belum mampu menarik minat pengunjung.

"Cukup banyak objek wisata yang kita miliki yang tidak dipunyai desa-desa lain di Lombok Utara. Kami punya 6 air terjun, salah satu yang paling digemari masyarakat yaitu Tiu Sao," ungkap Warna.
Selain objek wisata itu, lanjutnya, Desa Bentek juga memiliki objek wisata Kampung Durian yang berada di Dusun Batu Ringgit. Termasuk objekwisata pemandian umum yang dinamakan Tiu Demper, dan Sungai untuk River Tubing di Dusun Sanbaro. 

Bentek juga memiliki kampung yang petaninya tidak boleh bertani menggunakan bahan kimia. Namanya Kampung Kelor di Dusun Loang Sawak. Tujuannya untuk mengajak masyarakat kembali ke konsep alam.

Bagi Warna, Desa Bentek yang kini berusia 104 tahun ini perlu digenjot promosi wisata. Pasalnya untuk menjumpai objek wisata itu tidak terlalu sulit. Menuju objek wisata, pengunjung juga disuguhkan dengan sejumlah daya tarik tersendiri guna memikat wisatawan.

Dinas Pariwisata juga dianggap perlu mengintervensi Desa Bentek. Misalnya, Destinasi Paralayang hanya sampai launching dan tidak ditindaklanjuti. ‘’Kita ciptakan image pariwisatanya pelan-pelan, bagaimana supaya dikenal oleh masyarakat. Namun dari semua potensi wisata tersebut mayoritasnya memang belum dipoles," tandas Warna.

Terpisah Kabid Penataan Destinasi dan Usaha Pariwisata Disbudpar KLU, Wayan Bratayasa, menampik pemerintah tidak mengintervensi objek wisata. Hanya saja, pihaknya masih masih harus merencanakan penataan pada objek wisata secara bertahap. Mengingat potensi wisata di KLU cukup banyak dan tersebar di semua desa.

“Semua itu kami pikirkan dan masuk dalam Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (Riparda). Saat ini masih terkendala RTRW yang belum disahkan, maka kita alihkan menggunakan Perda tentang desa wisata dan tentang penyelenggaraan wisata yang masih digodok,” ujarnya.
Brata mengakui Desa Bentek sebagai salah satu desa tertua di Lombok Utara memiliki banyak potensi wisata. Oleh karenanya, Bentek termasuk dalam 8 desa wisata yang akan dimunculkan pada tahun 2018 mendatang.

Selain Bentek, ada juga objek wisata Santong, Sembagik, Sukadana, Senaru, Muara Putat, antai Penyambuan, dan Sedayu yang akan ditata oleh dinas. (Johari)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive