Be Your Inspiration

Tuesday 17 October 2017

Tiu Roton, Air Terjun Mempesona di Lombok Utara

Air jernih di Air terjun Tiu Roton Lombok Utara

JALAN-jalan di akhir pekan banyak dilakukan setelah jenuh dengan pekerjaan selama seminggu. Jika bosan dengan suasana pantai, maka bisa mencoba untuk bertamasya ke air terjun Tiu Roton yang berada di Dusun Tiu Roton, Desa Terengan, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Menurut Amaq Rahman, penjaga sekaligus tukang parkir di Tiu Roton, nama Tiu Roton sudah ada sejak zaman dahulu kala. “Dinamakan Tiu Roton karena banyak batu yang ada di atasnya bersusun-susun,” terangnya.

Tiu Roton merupakan sebuah aliran sungai yang di bagian bawah memiliki air terjun. Di pemandian ini, terdapat dua jenis beringin besar yang berada di kanan dan kiri jalan.

Ketinggian air Tiu Roton sendiri antara 4-5 meter dengan arus air yang cukup deras. Di bawah air terjun memiliki kolam-kolam kecil yang banyak dijadikan area mandi bagi para pengunjung. Kedalaman kolam juga tidak terlalu dalam, sehingga tidak heran banyak anak kecil yang bebas bermain air di situ.

Jika tidak ingin bermain di air terjunnya, pengunjung bisa menyusuri jalan setapak yang ada untuk menyusuri sungai. “Mata airnya berasal dari mata air Lokoq Ninting, sama seperti yang di Jenggala,” kata Amaq Rahman.

Ia menambahkan, jika mata air ini mengalir sampai di Pemenang sana. Jadi, tidak heran air sungainya terasa dingin dan sejuk karena berasal dari pegunungan. Di sungai ini juga, hampir tidak ada sampah anorganik kecuali sampah dedaunan dari pohon sekitarnya.

Fasilitas di Tiu Roton sendiri cukup bagus dengan jalan dan area pendukung yang memadai. “Fasilitas dibangun 2 tahun yang lalu,” kata Amaq Rahman.
Tiu roton sendiri ramai saat akhir pekan. “Banyak juga yang datang dari Mataram untuk berlibur di sini,” tambahnya.

Fasilitas parkir sendiri berada di pintu masuk air terjun. Tarif parkir sendiri hanya dibanderol Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Perjalanan dari Mataram menuju Tiu Roton sendiri hanya memakan waktu 1 jam perjalanan. Untuk menuju lokasi, setelah sampai Bangsal Pemenang, belok ke kanan nanti akan menemukan jalan pertigaan, belok kanan. Di jalan nanti, kita akan menemukan plang penunjuk jalan ke Tiu Roton. (Uul Efriyanti Prayoba)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive