Be Your Inspiration

Thursday 26 January 2017

Meninggalnya Mahasiswa UII Asal NTB, Wagub NTB Minta Pertanggungjawaban Pihak Kampus

Jenazah Ilham Nurpadmi Listiadi saat tiba di rumahnya di Gubuk Barat Desa Pringgasela Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur.

Ilham Nurpadmi Listiadi (20) mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) yang meninggal setelah mengikuti pendidikan dasar dan latihan bertajuk Great Camping di Tawangmangu, Karanganyar Jawa Tengah Yogyakarta ditanggapi Wakil Gubernur (Wagub) NTB H. Muh. Amin, SH, MSi. Kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (25/1/2017), wagub menyayangkan masih adanya kekerasan yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dalam proses pendidikan di kampus.
‘’Yang jelas, pihak kampus harus bertanggung jawab pada kasus ini. Ini masih saja ada kekerasan. Ini kan mahapala, tidak seharusnya seperti itu,’’ ujarnya prihatin.
Dalam hal ini, ujarnya, Rektor UII tidak boleh lepas tanggung jawab atas kasus yang terjadi. Apalagi sampai jatuhnya beberapa korban jiwa. Kejadian ini, lanjutnya, kembali berulang setelah beberapa waktu lalu ada salah satu taruna di STP Pelayaran yang juga jadi korban kekerasan senior terhadap juniornya. Dalam memberikan pelatihan, tidak mesti dengan cara-cara kekerasan, tapi harus sifatnya mendidik. Sistem perpeloncoan harus dihapuskan dari sistem pendidikan di Indonesia, khususnya di perguruan tinggi.
Dalam menegakkan disiplin di kalangan mahasiswa atau anggota organisasi kemahasiswaan di kampus, ujarnya, tidak perlu dengan cara-cara kekerasan. Ada cara yang lebih mendidik dan lebih baik, sehingga tidak jatuh korban jiwa. ‘’Tindak kekerasan di kampus harus dihapuskan,’’ ujarnya.

Terkait dengan meninggalnya Ilham Nurpadmi Listiadi asal Gubuk Barat Desa Pringgasela Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur (Lotim), wagub berencana menjenguk keluarga dalam beberapa hari ke depan. ‘’Insya Allah, kalau ada waktu, pas sembilan hari, saya akan coba ke sana,’’ janjinya. (Marham) 
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive