Be Your Inspiration

Monday 30 January 2017

Menteri BUMN Rini Soemarno Resmikan Ikon Kuta Mandalika

Menteri BUMN Rini Soemarno bersama jajaran direksi BUMN berpose bersama di bawah ikon Kuta Mandalika

MENTERI BUMN, Rini Soemarno meresmikan Ikon Kuta Mandalika, Jumat (27/1/2017). Di  Mandalika Resort, Kuta Lombok Tengah Club Med telah masuk dan siap melakukan  pembangunan, BUMN akan bergerak mengambil masing-masing peran untuk menambah infrastruktur pendukung, jalan dan air.

Dilakukan pelatihan kepada masyarakat di Mandalika bagaimana menghadapi turis, pedagang asongan, dan pelatihan membuka restoran dan berbagai kegiatan lainnya. Mandalika Resort adalah salah satu dari 10 destinasi wisata unggulan nasional yang difokuskan percepatannya oleh pemerintah melalui BUMN group. 

Sebelumnya, Menteri BUMN menggelar rapat koordinasi  (rakor) dengan seluruh pimpinan BUMN di Hotel Sentosa Lombok Barat. Kesepakatannya adalah memperkuat sinergi BUMN mendukung seluruh daerah-daerah potensial pariwisata, NTB masuk sebagai daerah perioritas.
Dalam keterangan resminya, menteri mengatakan BUMN akan melakukan sinergi saling mendukung untuk mewujudkan target 12 juta wisatawan tahun ini dan 20 juta wisatawan pada 2019 mendatang secara nasional.
Menteri BUMN, Rini Soemarno didampingi Wagub NTB H. Muh. Amin, Bupati Lombok Tengah H. Suhaili FT dan Direktur Utama ITDC meresmikan ikon Kuta Mandalika. 

“Saya katakan ayo BUMN kita bersinergi, nanti saya juga akan membentuk satgas untuk kita sama-sama berperan aktif menambah wisatawan. Dari group BUMN bisa menambah 3 juta wisatawan hingga akhir 2019,” ujarnya.
Apa detailnya sinergi BUMN, menteri menjelaskan harus dibangun konektivitas dari seluruh wilayah, Garuda di dalamnya akan mengambil peran untuk menyedot turis-turis dari berbagai negara potensial, India, Jepang, Korea, Cina dan Australia, kemudian mendukung pergerakan wisatawan antardaerah-daerah yang menjadi tujuan utama wisatawan.
Lalu daerah-daerah yang infrastruktur pendukungnya belum ada, baik hotel ada transportasinya, Hotel Indonesia Group harus bergerak bersama Aerowisata. BUMN juga mendorong kearifan lokal untuk membangun homestay, perbankan milik pemerintah akan mendukung pembiayaannya.  Selain itu, BUMN juga turut membantu pelatihan-pelatihan bagaimana masyarakat bisa memberikan peyanan kepada wisatawan. “Kita juga memerankan kepada perbankan untuk membiayai restoran, homestay, sehingga target 3 juta yang kita bisa dapatkan,” imbuhnya.
Ditambah lagi, BUMN harus membuat acara-acara besar yang sifatnya internasional. Misalnya membuat acara yang mengundang para pelari-pelari marathon di dunia, sehingga Indonesia lebih dikenal, mengadakan kegiatan golf berskala internasional untuk mendatangkan para  pemilik-pemilik modal besar.
Karena Indonesia adalah negara kepulauan, insya Allah setelah hari raya, kata Rini Sumarno, Kementerian BUMN akan mengoperasikan cruise ship yang keliling di daerah selatan, dari Bali, Labuan Baji, Lombok, Wakatobi, Ternate akan dihubungkan. (Ahmad Bulkaini)



Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive