Be Your Inspiration

Thursday 12 January 2017

Pariwisata Lombok Dinilai Bisa Menyalip Bali

Keindahan panorama pantai di Lombok tidak kalah eksotis dengan keindahan pantai yang ada di Pulau Bali.

Keragaman etnis masyarakat yang menduduki Pulau Lombok, menjadi satu kekayaan yang dapat diandalkan sebagai potensi unggul dalam dunia pariwisata. Suasana yang terbangun di Pulau Lombok membuat wisatawan merasa seolah – olah sedang berada di Bali.
“Luar biasa suasananya, berada di Lombok serasa lagi di Bali. Lombok bisa nyalip kemajuan pariwisata Bali nih kalau kayak begini,” kata assesor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Bali, Kadek Wira Adi Saputra, Selasa (10/1/2017).
Secara geografis, Pulau Lombok sangat dekat dengan Bali. Karakteristik alam di dua daerah yang berbeda ini dinilai tidak terlalu berbeda. Kemajuan pariwisata Bali didukung oleh kemajuan infrastruktur dan keunikan budaya masyarakatnya.
“Unggulnya pariwisata Bali itu, karena keunikan kultur budaya masyarakatnya. Kalau alam, saya kira tidak jauh berbeda,” jelasnya.
Objek pariwisata Bali, memiliki keunggulan karena kebersihannya terawat. Pelaku pariwisata di Lombok, dapat mengejar standar pengelolaan objek pariwisata seperti yang dilakukan masyarakat di Pulau Dewata itu. Pekerjaan mendasar yang masih harus dilakukan dengan tekun, yakni mengedukasi publik agar tidak membuang sampah sembarangan.
“Disamping, masyarakat juga diajak menciptakan suasana yang aman sehingga wisatawan menemukan kenyamanan dan ketentraman,” pintanya.
Ia juga menyarankan agar pelaku pariwisata mengoptimalkan peran atraksi seni dan budaya. Kekhasan budaya masyarakat di daerah Lombok maupun Sumbawa, dapat dijadikan produk unggulan yang ditawarkan terhadap para wisatawan di seluruh dunia.
“Keunggulan dari kebudayaan masyarakat, itu bisa diperankan secara maksimal untuk mendatangkan wisatawan. Saya kira, di Lombok ini tinggal meningkatkan hal yang itu dulu, sebelum mengarah pada upaya memajukan fisik infrastruktur,” bebernya.
Jika hal itu bisa dilakukan secara optimal, kemajuan pariwisata di Lombok ini diyakininya akan mendahului Bali. Pelaku – pelaku pariwisata di daerah ini harus mempunyai target, paling tidak dalam jangka 10 tahun kedepan kedudukan pariwisata NTB harus sudah setera dengan kemajuan pariwisata yang berkembang di Bali. (Mamet)



Share:

1 komentar:

Unknown said...

Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyangka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan nomor togel dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendapatkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEUH di 0823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive