Be Your Inspiration

Friday 27 January 2017

Imlek 2017 di Mataram Lombok, Sederhana dan Penuh Makna

Hiasan lampion berjejer di atas Jalan Pejanggik Cakranegara Mataram, jadi pelengkap kemeriahan perayaan tahun baru Imlek 2017 yang jatuh Sabtu (28/1/2017) . 
Puncak perayaan Hari Raya Imlek 2017 akan berakhir pada 11 Februari 2017. Imlek kali ini dirayakan cukup sederhana. Meski dirayakan sederhana namun perayaan pergantian tahun berdasarkan kalender Marga Tionghoa tahun ini penuh makna.

Pergantian tahun pada kalender Tionghoa diyakini jatuh pada pukul 12.01 Wita. Malam menjelang pelaksanaan upacara persembahyangan di Vihara, seluruh Marga Tionghoa menghimpun segenap keluarga. Seluruh anggota keluarga biasanya berkumpul bersama di lingkungan keluarga besar. Mereka merayakan hari yang istimewa itu dengan memasak dan makan bersama.

“Biasanya memang seperti itu. Menjelang hari H pelaksanaan ibadah, kita sekeluarga sudah kumpul dan makan bersama. Itu sudah menjadi tradisi di kalangan orang keturunan Tionghoa,” ujar Mei In, keturunan Tionghoa yang lahir 1956 dan menetap di Ampenan, Kamis (26/1/2017).

Pernak-pernik Imlek di Golden Tulip Hotel Mataram

Upacara sembahyang penyambutan imlek pada 2017 ini berlangsung sejak Jumat (27/1/2017) . Usai beribadah di wihara – wihara, warga Tionghoa yang merayakan imlek di daerah ini juga biasanya melaksanakan tradisi ching bing. Tradisi ini diwujudkan dalam bentuk kebiasaan mengunjungi makam leluhur.

Kunjungan ke makam – makam dilakukan sebagai bentuk kebaktian maupun penghormatan terhadap leluhurnya masing – masing. Hal itu membuktikan bawah marga Tionghoa selalu patuh dan tunduk pada leluhur mereka.

Perayaan Imlek di Kota Mataram tahun ini tidak semegah helatan imlek tahun 2016 kemarin. Tahun lalu, Imlek di Pulau Lombok dimeriahkan atraksi seni dan budaya yang berasal dari Tiongkok. Marga Tionghoa yang datang ke daerah ini sebagai penampil atraksi, juga berasal dari kalangan umat muslim. Perayaan imlek seperti pada 2016 kemarin, menjadi momen yang ditunggu – tunggu oleh publik.

Puncak perayaan imlek pada 2017 ini akan berlangsung pada 11 Februari 2017. Meski tak semegah imlek tahun lalu, perayaan yang dilakukan pada kesempatan ini juga bukan berarti tak ada agenda hiburannya. Perayaan imlek diisi dengan hiburan wajib yakni atraksi barongsai. Selain itu, akan ada juga perhelatan makam malam dengan menu mie panjang umur.

Perayaan imlek, dari tahun ke tahun selalu diwarnai dengan padatnya aktivitas bakti sosial. Kegiatan bakti sosial dimulai dari agenda donor darah sampai pembagian sembako dan berbagai bentuk kontribusi terhadap publik.  (Sahmat Darmi/Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive