Be Your Inspiration

Monday 9 January 2017

Forum Produser di Lombok Perangi Produksi dan Peredaran VCD Bajakan

Penjual VCD bajakan diAmpenan Kota Mataram

Ada lima produser besar yang tergabung dalam Forum Produser NTB, diketuai Agus Alit, Direktur Miru Production. Forum ini sepakat tetap akan melakukan tindakan tegas kepada para pedagang VCD bajakan, termasuk kepada produsen yang melakukan pembajakan.
RAZIA pedagang dilakukan seminggu sekali di pasar-pasar tradisional di Pulau Lombok. Bagi yang kedapan telah tiga sampai empat kali mendapat surat teguran namum tetap tak mengindahkan, selanjutnya akan dilaporkan untuk diambil tindakan hukum.
‘’Ada 11 pedagang yang sudah kita polisikan. Produsen VCD bajakan terbesar ada di Terara, arahnya di Lombok Timur. Tapi saya melihatnya sudah mulai berkurang,’’ kata Agus Alit kepada Ekbis NTB.
Berkembangnya VCD bajakan ditengari telah memicu kerugian besar para produser. Selain itu, sangat berpotensi memicu matinya seninam-seniman lokal. Karena itulah, selain penertiban secara rutin di pasar-pasar tradisional, forum ini juga kerap melakukan sosialisasi kepada pedagang untuk tidak menjual VCD bajakan. Agak efektif menurutnya, karena perlahan yang terjual adalah VCD asli dari rumah-rumah produksi.
‘’Kalaupun ada yang bajakan. Kami belum mendapat informasi dari mana pastinya VCD-VCD bajakan di pedagang. Mereka tidak ada  yang mau ngaku. Datangnya dari pangampas-pengampas, tidak ada informasi pasti. Kalau ada anggota kami yang melakukan pembajakan, atau yang mengedarkan, kami berikan tindakan tegas,’’ terang Agus.
Selain itu, talkshow sering dilakukan di TV-TV lokal. Pun melalui radio-radio lokal. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku, sekaligus mengingatkan masyarakat untuk tidak membeli produk-produk di luar produk asli.
Miru Production sendiri sangat terpengaruh oleh perkembangan dan pedaran VCD bajakan. Sebelumnya ia mampu memproduksi hingga 5 ribuan keping sebulan. Belakangan berkurang makismal hanya 4 ribu keping sebulan. Berkurangnya produksi ini juga dipengaruhi oleh daya beli masyarakat yang makin berkurang. Prioritas kebutuhan masyarakat saat ini lebih dominan kepada kebutuhan-kebutuhan pokok. Selanjutnya kebutuhan hiburan sementara ini terlihat dikesampingkan.
Karena banyaknya persoalan ini, harapannya pemerintah daerah melalui pihak-pihak terkait dapat melakukan pengawasan berkelanjutan. Dari sisi hukum, ia juga meminta pihak penegak hukum memberikan tindakan kepada pelaku, baik produsen VCD bajakan, maupun kepada pedagangnya. Hal ini menurutnya dalam rangka memberikan efek jera dan mencerdaskan masyarakat.

Diawasi Dinas Perdagangan

Maraknya pernjualan/peredaran VCD bajakan akan menjadi salah satu fokus pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan Provinsi NTB, selain gula pasir rafinasi yang banyak beredar.
Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Dra. Hj. Selly Andayani, M. Si mengakui persoalan tersebut  sebagai salah satu PR yang akan dituntaskan. Melalui Kepala Bidang Pengawasannya, Haryono juga mengatakan, masih harus mempelajari tugas pokok dan fungsi bidang baru yang dipimpinnya.
‘’DPA belum pegang karena belum saya lihat, dulu tugas saya apa dan rinciannya. Masih beres-beres kantor baru, saya harus pelajari dulu,” katanya.
Kepala Dinas Perdagangan NTB Hj. Selly Andayani 

Untuk pengawasan barang beredar, tentu tetap akan dilaksanakan, seperti yang dilakukan sebelum-sebelumya. VCD bajakan sejauh ini diketahuinya sangat meresahkan dan merugikan kalangan artis, terutama di tingkat lokal. Karena merugikan kreativitas dan pencipta. Larinya lebih kepada hak paten karena dibajak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Menindaklanjuti hal tersebut, tentu akan dilakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Kepolisan, Pol PP. Sebab ia melihat arahnya lebih kepada tindakan pidana. Kendati demikian, untuk pengawasan perdagangannya masih harus dilihat kembali fungsi dan peran bidangnya dalam hal ini. (Bulkaini Ekbis NTB)
Share:

1 komentar:

Unknown said...

Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyangka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan nomor togel dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendapatkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEUH di 0823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive