Be Your Inspiration

Friday 6 January 2017

Event Bau Nyale Digelar 16-17 Februari 2017

 Rapat penetapan pelaksanaan Bau Nyale di kawasan Pantai Seger Kuta Lombok Tengah.

Pemkab Lombok Tengah (Loteng) telah memutuskan pelaksanaan event Bau Nyale tahun 2016 ini akan digelar pada tanggal 16-17 Februari mendatang. Keputusan ini diambil dalam Sangkep Wariga (rapat penetapan) di kawasan Pantai Seger Kuta, Kamis (5/1/2017).
“Setelah penetapan ini, maka kita akan segera melakukan persiapan. Termasuk persiapan panitia pelaksananya,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Loteng, H.L. Putria, kepada wartawan, usai pertemuan.

Bau Nyale di Pantai Seger Lombok Tengah
Pada awalnya, rapat penentuan pelaksanaan Bau Nyale berjalan alot. Para pemuka adat yang hadir, sempat terlibat perdebatan hebat. Terkait puncak perayaan event tahunan yang kini telah ditetapkan sebagai event pariwisata nasional tersebut. Di mana para pemuka adat sempat terlibat silang pendapat.
Ada tiga opsi pilihan waktu pelaksanaan event Bau Nyale yang berkembang dalam pertemuan ini. Opsi pertama yakni pada hari Rabu-Kamis, tanggal 15-16 Februari. Kemudian pada Kamis-Jumat, tanggal 16-17 Februari dan opsi terakhir tanggal 17-18 Februari atau Jumat sampai Sabtu.
Silang pendapat muncul, karena masing-masing pemuka adat memiliki dasar perhitungan sendiri-sendiri. Mulai dari penghitung bintang hingga tanda-tanda alam yang terjadi. “Silang  pendapat ini wajar terjadi, karena dasar perhitungan memang berbeda-beda,” ujar Putria.

Namun setelah proses pembahasan lebih detail, akhirnya diputuskan untuk mengambil jalan tengah dengan mengambil pelaksanaan Bau Nyale pada Kamis hingga Jumat atau tanggal 16-17 Februari mendatang. “Hasil ini akan segera kita sampaikan ke Bupati. Supaya bisa ditindaklanjuti dengan penunjukan panitia pelaksana Bau Nyale,” tandasnya.
Nyale Lombok Tengah

Lebih lanjut, Putria menjelaskan, event Bau Nyale tahun ini akan jadi gawe bersama antara Pemkab Loteng, pemerintah provinsi serta pemerintah pusat. Mengingat status event Bau Nyale sebagai event nasional.
Disinggung dukungan anggaran, dari Pemkab Loteng sendiri sudah menyiapkan alokasi anggaran sekitar Rp 400 juta ditambah dukungan dari pemerintah pusat yang informasinya juga sudah menyiapkan anggaran di atas Rp 500 juta. (Munakir Suara NTB)


)
Share:

1 komentar:

Unknown said...

Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyangka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan nomor togel dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendapatkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEUH di 0823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive