Be Your Inspiration

Thursday 16 June 2016

Maskapai Emirates Jajaki Pembukaan Rute Dubai-Lombok

Emirate Airlines
Jajaran manajemen maskapai penerbangan Emirates Perwakilan Indonesia bersama pejabat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menemui Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi di ruang kerjanya, Senin (6/6/2016). Maskapai yang berbasis di Dubai Uni Emirate Arab ini sedang menjajaki pembukaan rute penerbangan langsung Dubai-Lombok.
Deputi Pemasaran Luar Negeri Kemenpar RI, Nia Niscaya yang dikonfirmasi usai menemani jajaran manajemen Emirates mengatakan Kemenpar telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan maskapai Emirates. “Dan juga menindaklanjuti arahan pak Menteri Pariwisata. Karena dalam MoU itu masukan pak Menteri, Emirates membuka jalur penerbangan untuk Lombok,”  terang Nia.
MoU antara Kemenpar dengan maskapai Emirates, kata Nia pada intinya mempromosikan Indonesia  ke dunia melalui maskapai Emirates. Termasuk di dalamnya membuka rute penerbangan menuju destinasi-destinasi wisata baru yang potensial, salah satunya Lombok. Ia menambahkan, Menteri Pariwisata, Arief Yahya telah mendorong Emirates untuk membuka rute penerbangan langsung dari Dubai-Lombok.
“Karena Lombok sudah dapat award yang ndak gampang diraih. Jadi harus ada akses supaya itu betul-betul menerima manfaat dari penghargaan itu. Ini (pembukaan rute)  masih tahap awal, penjajakan. Dia (Emirates, red) akan melihat komitemen menteri pariwisata seperti itu. Kemudian komitmen pak gubernur beserta jajarannya membantu untuk itu terwujud,” imbuhnya.
Hasil hitung-hitungan pihak Emirates, lanjut Nia, destinasi wisata Lombok cukup menarik. Ia mengatakan, destinasi wisata Lombok bisa dijual kepada para turis mancanegara yang berasal dari seluruh dunia. Nia mengatakan, dari sisi destinasi, Lombok sudah kuat.
Namun ketika disinggung kapan maskapai ini akan berencana membuka rute itu, Nia mengatakan terlalu awal untuk mengatakan hal itu. Pasalnya, mereka juga perlu melihat kesiapan armada  Emirates dari seluruh airport di dunia.
“Terlalu awal dia katakan kalau kapan. Karena dia harus melihat dari airport dunia. Ini adalah Kepala Perwakilan Emirates untuk Indonesia. Besok ada Senior dari Dubai akan datang ke Jakarta kita akan melaporkan, akan bertemu menteri pariwisata. Tadi pak gubernur mengatakan apa yang diperlukan kami akan fasilitasi kepada menteri perhubungan,” pungkasnya.
Anggota Timsus Pokja Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kemenpar RI, Taufan Rahmadi menambahkan karakter maskapai Emirates adalah penumpangnya berasal dari berbagai Negara di dunia. Taufan mengatakan efek yang aka nada jika Emirates membuka rute ke Lombok ada dua. Yakni selain market heterogen penumpangnya, juga diharapkan mereka bisa menceritaakan tentang Lombok.
“Emirates ini adalah salah satu flight courier terbesar di dunia. Yang sudah teruji kekuatan daripada bisnis. Sekarang ini mereka terus mencari destinasi-destinasi baru. Dimana Lombok sudah masuk menjadi list mereka, new future destination yang akan mampu meningkatkan  rating mereka sebagai flight courier,” kata Taufan.
Ia menyebutkan, saat ini Emirates baru membuka rute internasional ke Jakarta dan Bali. Kemudian sedang dijajaki pembukaan rute ke Lombok. Taufan menambahkan, manajemen Emirates datang menemui gubernur untuk melihat komitmen pemerintah daerah dan memang snagat luar biasa.
“Pak Menteri Pariwisata dalam salah satu MoU, Emirates datang kemari harus bicara tentang Lombok. Membuka akses lebih mudah ke Lombok. Pak Menteri akan all out hingga ke Presiden tentang ini,”tambahnya.
Sementara itu, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi  menyampaikan komitmen dan dukungan penuh atas rencana tersebut. Menurutnya, kerjasama ini akan berjalan baik apabila semua pihak memiliki pemahaman yang sama terkait pembangunan, khususnya pariwisata yang menjadi prioritas pemerintah. Orang nomor satu di NTB ini  memastikan dukungan semua stakeholder, terkait rencana Emirates tersebut akan berjalan baik. “Kalau bisa, dalam waktu yang tidak terlalu lama, kita akan melihat Emirates mendarat di Lombok,” ungkapnya saat menerima delegasi tersebut.
Selain itu, Gubernur menyampaikan rencana Emirates tersebut merupakan peluang bagus untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di NTB, terutama dari timur tengah. Disampaikan saat itu, Emirates mempu mengangkut para wisatawan lebih dari 45 negara dalam satu kali penerbangan. Hal ini dimungkinkan karena Dubai merupakan International Hub dan Hal itu pula yang membedakan Emirates dengan penerbangan-penerbangan lain. “Apapun yang diperlukan untuk kelancaran program ini, kami siap menyediakannya,” janjinya. (nasir)




Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive