Be Your Inspiration

Tuesday 14 June 2016

NTB Siap Sukseskan MTQ Nasional 2016

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur NTB  TGH. M. Zainul Majdi  saat launching logo MTQ dan pendaftaran online  di Jakarta beberapa waktu lalu. 
DITUNJUK sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional XXVI tahun 2016 membuat NTB tidak akan menyia-yiakan kesempatan ini. Pemprov NTB bersama seluruh pemerintah kabupaten/kota berusaha mensukseskan event bergengsi ini. MTQ nasional yang dijadwalkan tanggal 30 Juli hingga 7 Agustus 2016 ini harus menjadi yang terbaik di antara yang  terbaik.

Bagi Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda NTB Drs. Fathurrahman, MSi, pelaksanaan MTQ tinggal menghitung hari.  ‘’Ini tinggal menghitung hari, kita akan ‘’berlari’’ untuk itu. Hari demi hari seluruh SKPD kita ajak untuk selalu beraktivitas untuk MTQ. Karena ini program nasional yang diharapkan kita sebagai tuan rumah sukses pelaksanaan dan sukses prestasi,” ujarnya ketika dikonfirmasi Suara NTB, Rabu (8/6/2016) lalu.

Selain itu, ujarnya, Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi telah berjanji, jika pelaksanaan MTQ tingkat nasional ke 26 di NTB ini menjadi pelaksanaan MTQ tersukses dan terbaik dari pelaksanaan sebelum-sebelumnya yang diadakan di Indonesia. Untuk mewujudkan harapan gubernur tersebut, kata mantan Kepala Biro Umum Setda NTB ini, berbagai upaya persiapan-persiapan dan pembenahan-pembenahan dilakukan.

Untuk tahap pertama, pihaknya telah  memindahkan Sekretariat Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) yang semula berada di kompleks kantor gubernur ke  Kompleks Gedung Pedidikan Islamic Center NTB. Dari sana, katanya, akan digerakkan seluruh aktivitas unsur-unsur yang berkaitan dengan MTQ. Dalam waktu dekat, lanjutnya, LPTQ seluruh Indonesia akan melaksanakan Rakernas di NTB pada 13 Juni ini.

Sebelumnya dalam rapat koordinasi persiapan MTQ dan launching logo dan pendaftaran online di Auditorium HM. Rasjidi Kementerian Agama Jakarta, Selasa (31/5/2016), Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, menegaskan, MTQ XXVI di NTB akan dikemas dengan model baru seiring diberlakukannya e-MTQ. Menurutnya, e-MTQ lahir dari semangat menghadirkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan MTQ. Sebab, selain sebagai syiar Islam, MTQ juga menjadi momentum silaturahim kebangsaan dalam bingkai NKRI.

“Ini terobosan bagus, mencerminkan revolusi mental. Kita berharap e-MTQ dapat menutup celah penyimpangan dan pelanggaran yang dapat merusak spirit MTQ,” ujarnya sebagaimana dikutip dari laman www.kemenag.go.id.

Ditegaskan Menag, komitmen reformasi harus tetap dijaga, salah satunya melalui hadirnya inovasi-inovasi perbaikan penyelenggaraan MTQ. Menurutnya, kelemahan yang selama ini terjadi dalam tata kelola penyelenggaraan MTQ harus diperbaiki, salah satunya melalui optimalisasi e-MTQ ini. Menag berharap, e-MTQ akan benar-benar melahirkan revolusi mental pada tataran penyelenggaraannya.

Meski baru diterapkan tahun 2016 ini, Menteri yang dikenal aktif di media sosial ini optimis dapat berjalan lancar. Baginya, setiap perubahan dibutuhkan lebih dari sekedar komitmen, tetapi juga kerjasama. Pihaknya yakin seluruh jajaran Kementerian Agama akan mendukung dan mensukseskan e-MTQ.


Di tempat yang sama, Gubernur NTB, TGH. Zainul Majdi menegaskan, seluruh jajaran pemerintahan bersama masyarakat NTB siap mensukseskan penyelenggaraan MTQ XXVI. Menurutnya, event dua tahunan ini juga akan disambut dengan hangat dalam semangat kerukunan. Seluruh elemen masyarakat NTB dari berbagai agama dan suku siap menyambut para kafilah. “Kami siap mensukseskan MTQN XXVI. Ini komitmen bersama seluruh masyarakat NTB. Bahkan kami telah menerima komitmen dari para pecalang dan pemuda-pemuda agama di NTB untuk menjadi bagian dari suksesnya event besar ini,” tegasnya. (*)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive