Be Your Inspiration

Tuesday 21 June 2016

Wisata Alam Semongkat, Tantangan Bagi Anda Penyuka Wisata Alam

Air Baku Semongkat Sumbawa

Destinasi Wisata Semongkat dengan karakteristik bentangan alam pegunungannya yang menantang. Begitu memikat, sejuk dan terasa nyaman. Hutan lebat, laksana kebun raya dengan sungai bebatuan yang airnya jernih mengalir sepanjang tahun.

NAMUN kini alam indah tersebut nyaris tak lagi membuat orang terpikat. Fasilitas kolam permandian yang menjadi ikon Semongkat nyaris tak lagi terurus. Butuh sarana pendukung seperti fasilitas olahraga dan paket wisata unik seperti berburu madu sebagai sebuah daya tarik agar destinasi ini bisa hidup dan diminati msyarakat.
Jalan menuju Wisata Alam Semongkat

Semongkat yang dulunya menjadi primadona masyarakat dan wisatawan lokal, kini terlupakan begitu saja. Kolam pemandian yang ada di tempat ini dilapisi lumut dan lumpur. Tak ada fasilitas lain yang membuat orang tertarik. Miskin kreasi untuk menata kembali atau memang sengaja diabaikan begitu saja? Hanya ada segelintir orang yang terlihat berkunjung. Menuju ke pos wisata alam, juga tak ada aktivitas dan sepi pengunjung. Hanya ada beberapa pasang remaja tengah memadu kasih duduk di atas bebatuan besar Sungai Semongkat.

Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Sumbawa, Pincun Nurhinsyah, M.Tp, mengakui kondisi Semongkat yang saat ini memprihatinkan. Hal ini diduga akibat pengelolaan yang tidak optimal. Tak heran, kalau pendapatan dari objek wisata ini pun minim. Kalau diurus dan dibenahi secara serius, tentu ada income yang masuk. 
Kolam renang Wisata Alam Semongkat

Untuk itu, ke depan harus tetap direncanakan program penataan dan pengembangan objek wisata alam Semongkat. Dalam artian, objek wisata yang nyaman dan menarik, sehingga Semongkat benar-benar dijadikan salah satu destinasi yang bisa menarik minat minimal wisatawan domestik. 

Prioritas yang mendesak menjadi perhatian adalam pembenahan kolam pemandian. Penyaringan dari air sungai ke kolam harus steril. Pergantian air juga mesti diperhatikan. Kemudian membuat sungai menjadi lebih menarik dengan trik tertentu.

Hal ini bisa dilakukan melalui koordinasi dengan KSDA. Mengingat KSDA yang menguasai wilayah Semongkat bagian atas. Menurut Pincun, pihaknya pun tak tinggal diam. Di area Samongkatnya, juga dibangun kerjasama dengan pihak PLN melalui dana CSR untuk semacam jembatan gantung. Menghubungkan area permandian Semongkat dengan area penduduk di Lesehan. Termasuk rencana membuat flying fox. Di samping berekreasi ada atraksi. ’Flying fox ini oleh masyarakat Sumbawa cukup diminati. Kita juga benahi gerbang supaya kelihatan cantik. Termasuk membuat taman, agar penataan di sekitar permandian menjadi asri,’’terangnya.  (arnan dan Indra - Suara NTB Sumbawa)
Share:

1 komentar:

Unknown said...

Assalamu alaikum wr.wb.saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada MBAH LIMPAH atas bantuan MBAH.kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan,dan berkat bantuan MBAH LIMPAH pula yang telah memberikan angka jitu kepada saya 4D SGP.dan alhamdulillah langsung tembus,sekali lagi makasih ya MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang 200 ribu dan akhirnya saya menang,berkat angka ghoib hasil ritual MBAH LIMPAH saya sudah bisa buka usaha,yaitu butic pakaian impor dan toko sembako di depan rumah,kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi saudarah2 penggemar togel ingin menang seperti saya silahkan HUBUNGI MBAH LIMPAH di nomor hp: [_085_312_407_999_] dan ramalan MBAH memang memiliki ramalan ghoib yang dijamin 100% tembus,karna saya sudah membuktikannya selama 4X putaran menang..

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive