Be Your Inspiration

Thursday 11 January 2018

Air Terjun Tiu Pupus Lombok Utara yang Membangkitkan Semangat Hidup Anda

Air Terjun Tiu Pupus di Kabupaten Lombok Utara.

Air Terjun Tiu Pupus merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lombok Utara. Destinasi ini menyajikan kesegaran bagi pengunjung yang datang. Ini menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di KLU selain kawasan tiga gili. 

Air Terjun Tiu Pupus berada di Dusun Kerurak Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan dari luar negeri. Air terjun ini juga beberapa kali dijadikan sebagai lokasi pengambilan gambar bagi pasangan sebelum menikah. 

"Air terjunnya bagus. Tinggal kita promosikan saja. Biar banyak yang tahu tentang Air Terjun Tiu Pupus. Karena selama ini wisatawan hanya tahu Air Terjun Sendang Gila," kata warga Desa Genggelang Ahmad.

Air Terjun Tiu Pupus memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan kedalaman kolam 4 meter dan luas 100 meter persegi.  Nama Tiu Pupas berarti Tiu yang artinya genangan air dalam jumlah besar dan Pupus yang artinya sebuah akar yang tumbuh dari sebuah batang pohon yang biasanya hidup di tebing - tebing sungai dan juga hidup di daerah - daerah pegunungan yang memiliki suhu dingin.

Sayangnya di destinasi ini belum ada fasilitas dasar. Sehingga wisatawan tidak dapat menikmatinya dalam waktu yang lama. Hal ini yang harus menjadi perhatian Pemda, sebab fasilitas pendukung merupakan hal yang penting bagi wisatawan. Ini menjadi penentu kenyamanan wisatawan yang datang.

Destinasi ini berjarak sekitar 3,5 km dari jalan raya Ledang Bagian atau 5 km dari Gondang.  Jika dari Kota Mataram berjarak sekitar 70 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan baik roda dua atau empat.  Kondisi jalan menuju lokasi air terjun ini dari Gondang sudah cukup bagus dan mudah ditemukan karena ada petunjuk arahnya. Untuk menuju ke sana sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau sewa karena belum tersedia angkutan umum.  Rute perjalanan yang dapat ditempuh ke air terjun ini adalah Mataram-Pemenang-Tanjung-Gondang-Ledang Bagian-Kerurak.

Sesampainya di lokasi parkir yang terletak dekat Bendungan, perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit  menyusuri jalan setapak melewati bendungan, perkampungan dan hutan lindung hingga tiba di lokasi air terjun berada. Wisatawan dapat menikmati kesegaran air terjun ini. Wisatawan juga bisa menghabiskan waktu dengan mandi atau melakukan swafoto. 
“Wisatawan sudah lumayan yang datang. Sebagai warga desa, kami ingin memberikan yang terbaik kepada wisatawan yang datang,” ujarnya.

Ia menyarankan agar wisatawan yang ingin berkunjung hendaknya bersama pemandu wisata. Sehingga bisa dengan lebih leluasa menjelaskan tentang Air Terjun Tiu Pupus dan berbagai kisah yang dipercaya oleh masyarakat setempat. (Linggauni/Suara NTB)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive