Be Your Inspiration

Friday 19 January 2018

Rinjani Jadi Universal Global Geopark. L. Faozal Akui Berat Mengawal

Kepala Dinas Pariwisata NTB L. Moh. Faozal

Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sudah ditetapkan sebagai salah satu Universal Global Geopark (UGG) oleh Unesco. Selama empat tahun ke depan, Rinjani akan menjadi salah satu geopark dunia. Pemerintah Provinsi NTB memiliki tugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik berkelas dunia kepada wisatawan yang datang.

“Dari satu sisi saya bersyukur Rinjani menjadi geopark dunia, di sisi lain ini menjadi tugas berat kita untuk mengawal. Ini merupakan hasil dari perjuangan panjang Pemda NTB, namun tentu saja yang terpenting adalah mengawal ini semua,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H.L.Moh Faozal, S.Sos.,M.Si, di Mataram, Rabu (17/1/2018).

Ia mengatakan bahwa penetapan Rinjani sebagai geopark dunia ini merupakan sebuah berkah. Ini menjadi salah satu kesempatan bagi NTB untuk bisa mendatangkan banyak wisatawan. Terutama wisatawan minat khusus. Dalam hal ini pemeliharaan dan peningkatan kualitas destinasi menjadi hal utama yang harus dilakukan.

“Bagi saya ini adalah tantangan. Untuk itu, kita harus duduk bersama untuk merancang seperti apa Geopark Rinjani ini akan berjalan. Jangan sampai kita sibuk dengan euphoria kemudian lupa banyak hal yang harus kita lengkapi dan kerjakan,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa sumber daya manusia dan kesiapan destinasi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat ini. Sebelumnya, sudah dilakukan berbagai pelatihan kepada pelaku pariwisata di Rinjani termasuk trekking organizer, pemandu wisata hingga porter. Sehingga bisa melayani wisatawan dengan baik. Apalagi setelah penetapan Rinjani sebagai geopark dunia, tentu saja pelayanan juga harus berkelas dunia. “Kita sudah lakukan pelatihan dan pemberian lisensi kepada pelaku pariwisata atau industri di Rinjani. Sekarang tinggal memperbanyak jumlahnya saja,” ujarnya.

Rinjani yang terletak di empat kabupatan yang ada di Lombok ini memang menjadi salah satu daya tarik wisatawan minat khusus untuk berkunjung di NTB. Oleh sebab itu, Faozal juga mengajak kepada masing-masing daerah untuk aktif dalam pembenahan. Baik itu pembenahan sdm maupun destinasi.

“Memang otoritas pengelolanya itu Balai Taman Nasional Gunung Rinjani. Tapi tentu saja BTNGR ini tidak bisa bekerja sendiri. Harus ada keterlibatan semua elemen masyarakat termasuk pemerintah di masing-masing daerah,” ujarnya.

Ia berharap masing-masing daerah memiliki strategi khusus dalam meningkatkan pelayanan dan destinasi menuju dan di lingkar Rinjani. Persoalan sampah yang selama ini menjadi masalah di Rinjani juga diharapkan dapat tertangani. Sebab ini merupakan geopark dunia, dimana pengunjungnya sudah berekspektasi tentang destinasi yang berstandar dunia pula. (Linggauni/Suara NTB)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive