Be Your Inspiration

Monday 8 January 2018

Anda Suka Berkemah di Ketinggian, Gunung Kukus di Pringgasela Lombok Timur Tempatnya

Berkemah di Gunung Kukus yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok Timur
Gunung Kukus, mungkin nama gunung ini agak asing bagi wisatawan. Ini merupakan destinasi wisata yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Tepatnya di Dusun Dasan Paok Desa Jurit Baru Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur. Gunung ini sering dijadikan sebagai lokasi piknik dan berkemah bagi wisatawan yang suka ketinggian. Apalagi saat ini pendakian ke Gunung Rinjani sedang ditutup, sehingga berkunjung ke tempat ini menjadi salah satu pilihan bagi pencinta ketinggian.

Seperti yang diketahui, bahwa NTB itu memiliki destinasi wisata yang komplet. Tidak hanya pantai dan air terjun, NTB punya gunung dan bukit yang bisa didaki bagi pecinta ketinggian. Gunung Kukus merupakan salah satu destinasi kekinian yang semakin dikenal oleh wisatawan terutama pecinta alam. Warga sekitar menyebutnya Gunung Kukus, karena warga meyakini ada aktivitas seperti gunung aktif pada umumnya di tempat ini. 

Tidak heran jika belakangan ini banyak wisatawan yang ingin menjajal dan menaklukkan gunung yang terbilang tidak terlalu tinggi ini. Tempat ini juga cocok untuk dijadikan sebagai wisata trekking bagi keluarga. Jalur yang landai dengan pemandangan pepohonan yang rimbun akan membuat pikiran menjadi lebih segar.

"Memang banyak yang datang kalau akhir pekan. Karena mereka bisa langsung pulang setelah menikmati keindahan dari puncak. Apalagi puncaknya tidak tinggi, jadi tiga jam sudah bisa pergi dan pulang," kata Anggota Karang Taruna Mapila atau Pengelola Gunung Kukus, Lalu Zurkarnain.
 
Wisatawan yang berkemah di Gunung Kukus Pringgabaya Lombok Timur
Gunung Kukus bisa menjadi pilihan berakhir pekan, karena letaknya yang tidak terlalu jauh. Wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan satu jam dari Kota Mataram. Kemudian dari Masbagik hanya memerlukan waktu 20 menit hingga sampai di pintu pendakian. Setelah itu, wisatawan dapat mendaki hanya dengan waktu 30 hingga 45 menit hingga puncak.

"Sebelum sampai pintu pendakian memang jalannya rusak. Ini juga yang menjadi kendala kami dalam mempromosikan Gunung Kukus sebagai destinasi wisata. Bagaimanapun kenyamanan wisatawan itu yang utama," ujarnya.

Ia berharap ke depannya Pemerintah Desa atau Pemerintah Daerah Lombok Timur mau membantu memperbaiki jalan yang rusak. Sebab jalan yang rusak sekitar satu kilometer sebelum pintu pendakian. Padahal potensi wisata yang dimiliki Gunung Kukus cukup baik.

Berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut menjadikan gunung ini sebagai spot yang asik untuk melakukan camping dan mengambil gambar. Di sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhkagan pemandangan hutan yang sejuk dan memberikan kesan nyaman. Sebab pohon-pohon tersebut membuat pendakian menjadi teduh dan tidak terasa panas.

Wisatawan juga tidak perlu khawatir tentang pemandangan dari perjalanan hingga sampai puncak. Sebab pengelola sudah menerapkan bank sampah di mana setiap wisatawan diwajibkan membawa kembali sampahnya. Sehingga suasan di gunung ini terbilang bersih dan tidak ada sampah yang berserakan.

"Kita memang memungut biaya kebersihan sebesar Rp 2.000 bagi wisatawan yang ingin mendaki. Selain itu juga kita membuat sistem jaminan jadi wisatawan memberikan uang jaminan Rp 15 ribu. Jadi kalau tidak bawa sampahnya akan dikenakan denda Rp 5 ribu per sampah," ujarnya.


Pengelola juga melakukan pengecekan terhadap barang bawaan wisatawan. Sehingga dapat diketahui sampah apa saja yang tidak dibawa turun.  Persoalan sampah memang menjadi perhatian utama pengelola. Sebab  gunung ini masih berada di kawasan taman nasional. (Linggauni/Suara NTB) 
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive