Be Your Inspiration

Tuesday 2 January 2018

Pemilihan Putri Pesona Desa yang Ada Hanya Ada di Lombok Timur

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur Moh Juhad memukul Gong didampingi Ketua BPPD Lotim, Akhmad Roji saat pembukaan grand final Pemilihan Putri Pesona Desa, Minggu 31/12/2017 malam.

Pada malam pergantian tahun dari 2017 ke 2018, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok Timur menggelar perhelatan akbar, Grand Final pemilihan Putri Pesona Desa 2017. Sebanyak 13 finalis terpilih digodok dengan sejumlah pertanyaan dari dewan juri yang terdiri dari Dinas Pariwisata Lotim, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta praktisi.

Terpilih sebagai juara I, Eka Tabah Warbianti dari Kelurahan Sandubaya Selong, Juara II diraih Baiq Setya Bunga Yanti dari Desa Padamara, Kecamatan Sukamulia dan juara III, Putri Army H. Ambuwaru dari Sanbudaya. Juara I mendapat hadiah uang tunai Rp 2 juta. Juara II Rp 1,5 juta dan juara III Rp 1 juta. Ada tambahan hadiah-hadiah menarik dari sponsor.

Finalis lainnya yang siap akan menjadi mitra promosi pariwisata adalah Subiatun dari Tanak Rase, Baiq Zuhlia Wahyu Ningsih dari Lendang Nangka, Nabila Unthiyaningrum dari Tanjung, Oktaria Delan Stevany dari Suradadi, Baiq Mugi Rahayu Ratna Sari dari Selaparang, Silva Fahrani dari Selong, Febri Utami dari Pejanggik, Silvia Maulida Damayanti dari Kelayu Utara, Deslia Ayu Rizki dari Banjar Kemunig dan Rizki Handayaningsih dari Rempung.  

Ketua BPPD Lotim, Akhmad Roji mengatakan, acara yang diinisiasinya itu pertama di Indonesia dan hanya ada di Lotim. Dia berharap bisa jadi rujukan nasional. Sebagai bentuk rangkaian kegiatannya, digelar Parade Kuliner Nusantara. Parade kuliner ini diikuti puluhan peserta.
Para juara Putri Pesona Desa 2017 yang digelar BPPD Lombok Timur

Acara yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah Kabupaten Lotim dan sponsor dari sejumlah pihak ini berlangsung semarak. Layaknya sebuah acara pemilihan Putri Indonesia, ada riuh pendukung masing masing desa dan keluarga.

Gedung Wanita Selong sebagai tempat pelaksanaan acara disulap gemerlap dengan nuansa megah. Prosesi pemilihan pun cukup alot. Para dewan juri melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dengan gamblang oleh peserta.

Para putri pesona desa tersebut kata Akhmad Roji, menjadi mitra promosi pariwisata Lotim. Khususnya potensi wisata yang ada di desa. Di mana Lotim dengan segudang potensi wisata yang ada di desa perlu bersinergi dalam mempromosikannya.

Ditegaskan, diperlukan sinergi semua pihak membangun pariwisata. Sinergi ini adalah kata kunci membangun wisata. Jika semua dinas membangun pariwisata Lotim, besar peluang untuk menciptakan lapangan kerja.

Mewakili Bupati Lotim, Kepala Dinas Pariwisata Lotim, Muhammad Juhad dalam prosesi pembukaan acara mengatakan, sebanyak 13 finalis putri pesona desa itu akan jadi duta wisata Lotim. Dalam proses promosi wisata, semua finalis akan selalu dilibatkan. ‘’Kita akan bawa keliling nantinya ikut promosi pariwisata,’’ paparnya.

Rencana lain, selesai pemilihan, para finalis merupakan mitra promosi pariwisata. Untuk memantapkan SDM, para finalis ini akan diberi pembekalan-pembekalan. Ada yang dicoba digodok soal wisata nasional. Saat ini wisatawan sudah banyak melirik Lombok sebagai tempat berlibur. (Rusliadi/Lombok Timur)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive