Be Your Inspiration

Thursday 4 August 2016

Kemeriahan MTQ Nasional di Wajah Penari Sambava

Penari Sambava asal Sumbawa tampil menghibur peserta MTQ Nasional di Taman Budaya NTB

Tari Sambava asal Pulau Sumbawa lahir sebagai lambang keceriaan masyarakat di pulau tersebut. Kemeriahan perhelatan MTQ Nasional ke-26 dapat disaksikan melalui raut wajah para penari yang menampilkan tarian ini.
TARI Sambava yang dipelopori oleh sejumlah putra - putri daerah Sumbawa ditampilkan untuk menghibur para peserta tamu MTQ di Taman Budaya NTB. Para tamu MTQ yang berasal dari berbagai daerah, diharapkan mampu menikmati suguhan khas ini. Pementasan itu dilakukan dengan harapan, memikat ketertarikan tamu luar daerah dengan atraksi seni yang berkesan.
"Malam ini ada tampilan khusus dilakukan oleh anak - anak Sumbawa. Ini dalam rangka menciptakan kesan diantara tamu peserta MTQ melalui potensi hiburan yang kita miliki," tutur Kepala Taman Budaya NTB, Drs. Faisal ketika dijumpai, Selasa (2/8/2016) malam.
Terkait tarian ini, Indri dan Suri Aajani, dua penari menjelaskan, tarian ini melambangkan semangat persatuan masyarakat suku Samawa. Semangat menjaga kebersamaan patut dipelihara, sehingga dapat membangun kekuatan bersama.
"Tari ini bercerita tentang semangat kebersamaan, kekompakan dan keceriaan. Di mana, orang di tanah sumbawa mengedepankan hal - hal tersebut. Terutama dalam berupaya mencapai satu tujuan," kata Indri, Mahasiswi Universitas Mataram, jurusan Tekhnik Sipil ini usai pementasan.
Sebelumnya, sekawan penari yang berjumlah lima orang ini juga mementaskan Tari Nuri. Tarian khas yang berkembang di daerah Sumbawa ini menjadi sajian penyambutan bagi para tamu. Konon, setiap ada kunjungan tamu kehormatan, tarian tersebut menjadi pembuka setiap kegiatan.
"Kalau Tari Sambava kan merupakan semi kontemporer, ada unsur tradisi dan ada juga unsur modern. Tadi sebelumnya kan kita menampilkan Tari Nuri, tarian penyambutan. Terutama untuk menyambut tamu - tamu kehormatan," ujarnya. (Sahmat Darmi)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive