Be Your Inspiration

Thursday 11 August 2016

Paket Wisata Halal NTB Masih Minim Peminat

Islamic Center, simbol wisata halal NTB saat pelaksanaan MTQ Nasional 2016
NTB telah dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata halal terbaik dunia. Kendati demikian, tidak semua pelaku pariwisata menawarkan paket wisata halal yang telah diluncurkan belum lama ini. Terdapat berbagai kendala untuk membuka paket tersebut. Dari masih kurangnya peminat, hingga pasar masing-masing pelaku wisata yang tidak sama.
Salah satu pelaku usaha pariwisata di Kota Mataram, Bing Hamidy mengatakan bahwa wisatawan yang menggunakan jasa perjalanan wisata miliknya belum begitu berminat untuk berwisata menggunakan paket wisata halal. Sehingga pihaknya belum membuka paket tersebut, meskipun NTB telah dinobatkan sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia.
“Masih sangat sedikit peminatnya, mungkin karena tamu saya lebih banyak dari eropa. Saya belum membuka untuk Timur Tengah. Rencana sih tetap ada, tapi saat ini belum,” ujarnya kepada Suara NTB, di Mataram, Rabu (10/8/2016).
Setiap pelaku usaha bidang pariwisata memiliki pasar yang berbeda-beda. Sehingga tidak semua dapat membuka paket wisata halal. Padahal paket wisata itu bukan hanya diperuntukkan bagi wisatawan muslim saja. Namun juga untuk wisatawan nonmuslim. Sebab akan memberikan pelayanan yang baik bagi setiap wisatawan yang datang.
“Tamu saya paling suka ke gili, terutama Gili Trawangan. Mereka bisa nginap seminggu hingga dua minggu di gili untuk beristirahat,” kata Bing Hamidy.
Ia menyadari bahwa NTB saat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan muslim. Meski demikian, ia belum bisa membuka paket wisata halal tersebut. Karena keterbatasan tenaga dan permintaan pasar yang cenderung kurang.
Sehingga meskipun NTB dinobatkan sebagai destinasi wisata halal dunia, namun hanya sebagian dari pelaku usaha yang turut ambil bagian. Sebab masih banyak pula yang mengutamakan wisata konvensional. Sehingga paket yang disediakan hanya sebatas pada wisata pada umumnya saja.
“Kalau kedepannya masih belum tahu. Meskipun katanya banyak wisatawan asal Malaysia yang datang, tapi kalau melalui saya jumlahnya masih biasa saja. Belum begitu banyak, itu pula yang menjadi pertimbangan kenapa belum buka paket wisata halal,” pungkasnya.  (Lingga-Suara NTB)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive