Be Your Inspiration

Thursday 4 August 2016

Satukan Tiga Event di MTQ Nasional, Litbang Kemenag Salut Konsep INCCA NTB

Direktur Litbang pada Kemenag Choirul Fuad Yusuf didampingi Ketua DPD INCCA NTB, M. Nur Haedin memberikan hadiah Al Qur’an kepada seorang pengunjung yang berhasil menjawab pertanyaan seputar pengetahuan Islam usai sosialisasi di panggung Pameran MTQ Nasional, Senin (1/8/2016) malam

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-XXVI, di kawasan Islamic Center, Kota Mataram, NTB yang dibuka Presiden Ir. H. Joko Widodo pada 30 Juli 2016, memiliki kekhasan dari MTQ-MTQ sebelumnya. Tampil beda begitu terlihat ketika  diselenggarakan tiga expo bersamaan dalam satu event yakni Pameran Peradaban Islam (PPI), NTB Expo dan Hortikultura Festival(Hortifes) atau Pekan Hortikultura NTB yang berlangsung di kawasan yang sama.
Pameran yang dibuka Sekretaris Daerah NTB, Ir. H. Rosiady Sayuti, MSc, PhD, dan digelar hingga 6 Agustus diikuti 270 partisan. Team Leader stand pameran Kementerian Agama (Kemenag) Choirul Fuad Yusuf mengaku salut atas ide atau konsep yang dibuat DPD INCCA NTB dan konsorsiumnya ini. “Konsep ini bagus,” terangnya.
Choirul Fuad Yusuf yang juga salah satu direktur pada Kemenag ini mengharapkan tema pameran ‘’Penguatan Peradaban Islam’’ mampu mengondisikan terjadinya proses penyadaran pengunjung, mengenai pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses menuju terbangunnya kemajuan bangsa. Bangsa yang beradab adalah bangsa yang menyadari dan berkomitmen pada pencapaian kemajuan melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat ini. 
Selain itu, lanjutnya, pameran yang diikuti sejumlah partisipan daerah yang memperkenalkan keunggulan produk daerah masing-masing diharapkan bisa memberikan pencerahan budaya yang sangat majemuk di Indonesia. Di samping diharapkan bisa menjadi media berbagi pengalaman produksi.
Tidak hanya itu, keterlibatan sejumlah instansi pemerintah pusat, Kementeriaan Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun daerah mewarnai secara kuat pameran yang bertema Peradaban Islam. Untuk itu, dia melihat, pameran yang diselenggarakan DPD INCCA NTB ini menjadi sangat relevan dengan kebutuhan zaman dan masyarakat Indonesia dewasa ini.
Hal ini, karena, Indonesia sebagai negara besar dengan penduduk terpadat ke-4 di dunia dan termajemuk suku dan budayanya, perlu melakukan penguatan kualitas peradabannya, yaitu penguatan dua unsur utama peradaban yaitu penguasaan/aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Termasuk, penguatan moralitas dan implementasi ajaran agama.
Sementara Ketua DPD INCCA NTB M. Nur Haedin, menjelaskan, pihaknya bersama Pemprov NTB mencoba konsep integrasi pada tiga pameran ini. Tujuannya  memberikan tampilan yang beda dari tuan rumah MTQ-MTQ sebelumnya dan berkualitas. “Kita coba jadikan arena pameran ini sebagai wisata expo. Peserta dan pengunjung lah yang berhak menilai. Karena ini konsep baru dan pertama kali dibuat, tentu masih ada kekurangan. Dan kami teman-teman pengusaha MICE dan event yang tergabung dalam INCCA terus melakukan evaluasi, sehingga event-event nasional ke depan menjadi lebih baik,” demikian Nur Haedin. (rilis)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive