Be Your Inspiration

Tuesday 16 August 2016

L. M. Khaerurrazak Al Hafizi, Menghafal Al Qur'an Sambil Bermain


 
Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi memberikan ucapan selamat pada L. M. Khaerurrazak Al Hafizi saat meraih juara pada MTQ Nasional 2016 di NTB
L. M. Khaerurrazak Al Hafizi, juara terbaik I Hafiz 10 Juz pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XXVI. Putra kedua dari pasangan L. Muhibban Al Hafiz dan Hikmah Muhibban ini menjadi salah satu putra terbaik NTB yang mampu mengharumkan nama NTB di tingkat nasional.

KEPADA Suara NTB, Rabu (10/8/2016) , ayah Kandung Khaerurrazak mengatakan, hafalan Al Qur'an anak kandungnya itu sudah jadi. Dikatakan demikian karena Razak sudah menghafal 20 juz. Tinggal 10 juz lagi, siswa kelas II tingkat SMP pada Ponpes Baitul Qura Wal Huffaz Dusun Berangkak Desa Kerongkong Kecamatan Suralaga ini sudah bisa menghafal 114 surah. Isi keseluruhan  ayat yang tertuang dalam 30 juz.

Menurut Muhibban, Anaknya itu mempunyai metode khusus dalam menghafal. “Hafalannya anak kita ini sudah jadi, tinggal muraja’ah (mengulang saja),” terangnya. Metode mengulangnya ini pun dinilai unik. Mengulang sambil bermain. Seperti tidak ada waktu tanpa muraja'ah. “Seperti saat main bola, ketika dia terlihat merenung sendiri itu bukannya melamun, tapi mengulang-ulang bacaannya,” tuturnya.

Metode mengulang yang diterapkan sang anak ini dinilai cukup efektif. Menghafal tidak memaksakan diri. Dibuat santai namun hafalannya tetap terjaga. L. Muhibban sendiri selaku Bapak ternyata juga seorang hafiz. Pendiri dari Ponpes Baitul Qura Wal Huffaz, tempat mencetak para hafiz.

Saat memberikan bimbingannya terhadap anak, metode belajar sambil bermain ini pun diterapkan. “Alhamdulillah bisa berhasil dan ini lebih efektif. Kita tidak saklek mengajarkan anak. Menghafal Al Qur'an itu  tidak harus duduk bersila, karena memang tidak bisa dipaksakan,” terangnya. Bagi Razak, metode muraja'ah nya itu membuatnya mempu mengulang bacaannya 10 juz dalam sehari.

Menjadi Juara terbaik I tingkat nasional, jelas menjadi kebanggaan sendiri. “Saya sendiri kan juga mantan pemain ikut pada ajang yang sama sejak 1992-1998 berturut turut mewakili NTB di tingkat nasional,” tutur Muhibban.

Lingkungan keluarga yang Qurani, menjadi salah satu alasan yang kuat juga memilih Khaerurrazak sebagai sang juara. Karena itu, katanya untuk melahirkan generasi-generasi penghafal Qur'an, maka menjadi harga mati, para orang tua pun harus turut menghafal.

Ibu Kandung dari Khaerul Razak juga, Hikmah Muhibban pun saat beberapa tahun terakhir turut menjadi hafizah. Saat ini sang ibu, kata suaminya sudah menghafal hampir 20 juz. Pilihan sang ibu menjadi hafizah (penghafal perempuan-red) karena sang anak tidak mau disimak hafalannya dengan cara melihat Kitab Al Qur'an. “Tidak mau disimak hafalannya dengan melihat Al Qur'an, Akhirnya ibunya juga turut menghafal.

Kakak kandung dari Razak, Lalu. M. Massaf Nawawi Makmun yang kini duduk di bangku SMA sederajat pun sudah menghafal 30 juz. Adik-adik Razak, Baiq Sakinantul Muhimmah dan  Baiq Mujahidatul Mutmainnah pun akan diarahkan sebagai hafizah. Menjadi hafidz tegasnya merupakan pillihan yang harus tetap dijaga. Tidak boleh menjadi mantan hafidz.

Alumnus Perguruan Tinggi Ilmu Qur'an Jakarta tahun 2000 itu menambahkan, terpilihnya sang anak sebagai juara nasional jelas sangat membanggakan keluarga. Membanggakan Lotim dan NTB. Membawa nama daerah. Cita-cita dari Razak sendiri sebutnya, ingin membuat keluarga Al Qur'an. Semua menjadi penghafal dan pecinta kita Suci Al Qur'an.
 
“Menjadi keluarga hafizd, pasti senanglah,” ucapnya menggambarkan. Pasca meraih juara I nasional, tidak lantas sang anak ini menjadi sombong. Sebaliknya, tetap rendah diri dan terus belajar. Pergaulan sehari-harinya pun cukup luwes.

Teman-teman Khaerurrazak juga sangat senang bergaul dengannya. Salah seorang anak dari Pancor yang saat ini duduk di kelas 4 SD bernama Rafi, katanya sering datang mencarinya untuk muraja'ah bersama.

Khaerurrazak selain juara menghafal dengan lantunan bacaannya yang sangat menyentuh,ia juga berprestasi dalam sekolah. Sejak kelas 1 SMP sampai sekarang Razak selalu tampil sebagai juara umum. Bahkan, pada ajang-ajang lomba Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Matematika dan IPA tingkat Provinsi beberapa waktu lalu juga menorehkan prestasi yang sangat membanggakan. (Rusliadi Lombok timur)
Share:

1 komentar:

Unknown said...

Assalamu alaikum wr.wb.saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada MBAH LIMPAH atas bantuan MBAH.kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan,dan berkat bantuan MBAH LIMPAH pula yang telah memberikan angka jitu kepada saya 4D SGP.dan alhamdulillah langsung tembus,sekali lagi makasih ya MBAH karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang 200 ribu dan akhirnya saya menang,berkat angka ghoib hasil ritual MBAH LIMPAH saya sudah bisa buka usaha,yaitu butic pakaian impor dan toko sembako di depan rumah,kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi saudarah2 penggemar togel ingin menang seperti saya silahkan HUBUNGI MBAH LIMPAH di nomor hp: [_085_312_407_999_] dan ramalan MBAH memang memiliki ramalan ghoib yang dijamin 100% tembus,karna saya sudah membuktikannya selama 4X putaran menang..

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive