Be Your Inspiration

Friday 5 August 2016

Momen MTQ, LPMQ Kemenag Sosialisasikan Tafsir Ilmi dan Tematik

Sosialisasi tentang tafsir oleh LPMQ Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI di Arena Pameran Peradaban Islam MTQ Nasional, Kamis (4/8/2016).

Berangkat dari misi meningkatkan kualitas pengkajian Al-Qur'an dalam rangka pe­ning­katan kualitas bimbingan, pema­haman, pengamalan, dan pelayanan kehidupan beragama. Termasuk peningkatan peng­hayat­an moral dan etika keagamaan, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) sebagai UPT Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag) berupaya melakukan kajian dan penafsiran Al-Qur'an dengan pendekatan tematis. Pendekatan ini terkait tema-tema kontemporer yang berkembang di masyara­kat.
Pihak LPMQ memanfaatkan momen MTQ Nasional di Kota Mataram, melakukan sosialisasi kepada pengunjung Pameran Peradaban Islam. “Kami melakukan penafsiran Al-Quran dan sekarang kami tengah melakukan sosialisasi terhadap pengunjung Pameran Peradaban Islam. Antusias masyarakat cukup baik,” kata Ketua Penyelenggara Sosialisasi Hasil Kajian LPMQ, Arum Rediningsih di Mataram, Kamis (4/8/2018).
Hasil dari kajian dan penafsiran itu dicetak dalam bentuk buku sebanyak 26 buku serial Tafsir Tematik sejak tahun 2008-2012 dan telah dicetak 16 serial Tafsir Ilmi sejak tahun 2010-2015 yang kemudian didigitalkan ke dalam bentuk DVD. Selain itu LPMQ juga telah mencetak Jurnal Suhuf, Tafsir Wajiz, Asbabun Nuzul serta produk lainnya.
Sosialisasi Hasil Kajian Al-Quran dilakukan dalam rangka memperkenalkan LPMQ ke masyarakat, meningkatkan kualitas pema­ham­an, penghayatan dan pengamalan ajaran Al-Quran dan membahas persoalan aktual yang terkait dengan terjemah dan tafsir Al-Quran. Tidak hanya itu menjaring beberapa tema pokok seputar Kajian Al-Quran kontemporer sesuai dengan dinamika yang berkembang.
Kegiatan sosialisasi hasil kajian Al-Qur’an kali ini dilaksanakan diikuti hingga 100 peserta yang terdiri dari  masyarakat akademisi, guru, penyuluh, pimpinan pondok pesantren dan lainnya. Sosialisasi ini menghadirkan Kepala LPMQ M.Muklis Hanafi, Ketua Bakomubin Fauzan Zakaria dan dari IAIN Mataram Dr.Dalimun Jihad. Ketiganya bertindak sebagai narasumber pada sosialiasi tersebut.
“Kami ingin masyarakat bisa mengetahui tentag tafsir yang kami lakukan dan bisa menjadi acuan bagi masyarakat. Ini merupakan daerah ke empat yang kami kunjungi untuk melakukan sosialisasi,” ujar Arum.
Acara berlangsung cukup menarik, terutama dengan adanya sesi tanya jawab seputar produk LPMQ dan pengawasan LPMQ terhadap peredaran mushaf Al-Qur’an. Terlebih lagi dengan maraknya peredaran aplikasi Al-Qur’an digital saat ini, sehingga masyarakat diminta untuk berhati-hati dan dapat memilih dengan baik tafsir yang akan dijadikan sebagai pedoman. (Lingga)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive