Be Your Inspiration

Sunday 7 August 2016

Menag Tutup MTQ Nasional 2016 di Mataram


Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin didampingi Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad, Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi menutup pelaksanaan MTQ Nasional 2016 di Mataram NTB, Sabtu (6/8/2016) malam.

Usai sudah perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional XXVI di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Sejak dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 30 Juli 2016 , sebanyak 7 cabang dengan 18 golongan telah menyelesaikan seluruh perlombaan.

MTQN XXVI ditutup Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Hadir dalam acara yang dipusatkan di di Astaka Islamic Center ini, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Gubernur Banten, Gubernur Sulawesi Utara, Ketua DPRD NTB, serta beberapa Bupati di Lingkungan Provinsi NTB . Ribuan masyarakat juga antusias menghadiri malam penutupan. Sejak sore, jalan raya di Kota Mataram nampak macet oleh iring-iringan masyarakat yang bergelombang menuju puncak penutupan MTQN XXVI.

Mengawali sambutannya, Gubernur Nusa Tenggara Barat, TGH Zainul Majdi, menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat NTB yang telah berpartisipasi mensukseskan event akbar ini. Sebagai tuan rumah, masyarakat NTB telah menunjukkan keramahan dan partisipasi yang tinggi. Secara spesifik, Gubernur menyampaikan terima kasih kepada perangkat kepanitiaan dari seluruh elemen yang tak kenal lelah melayani dan mensukseskan jalannya MTQ.

“MTQ telah menumbuhkan gairah mencintai Al-Qur’an kita. Karena itulah saya bangga kepada seluruh masyarakat NTB yang berjibaku mensukseskan MTQ Nasional XXVI. Kemeriahan MTQ Nasional XXVI akan membekas di hati masyarakat NTB,“ tuturnya.

Zainul Majdi menambahkan, sebagai tuan rumah, pihaknya bangga atas keberhasilan NTB meriah posisi ke empat. Meski tak  juara umum, namun jalannya musabaqah yang transparan dan berkualitas menjadi kebanggaan tersendiri. Bukan hanya sukses dari penyelenggaraan saja, namun lebih penting adalah menghasilkan juara yang berkualitas.

“Kapanpun ditunjuk, kami siap menjadi tuan rumah. Selamat jalan para kafilah, terima kasih atas kehadirannya di NTB. Semoga ukhuwah diantara kita semakin kuat dan bermakna,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Menteri Agama menyebut bahwa MTQ Nasional XXVI di Kota Mataram ini sebagai even besar dengan semangat perubahan. Berbagai terobosan berhasil diterapkan, didukung SDM yang cukup. Karena itulah, MTQ Nasional XXVI adalah awal memperkuat syiar Islam di bumi Nusantara.

“Saya ingin menyampaikan salam hangat kepada seluruh peserta MTQ yang berasal dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Saya ucapkan selamat dan sukses kepada para juara dalam berbagai cabang musabaqah. Saya berharap, nilai-nilai silaturahim dan rasa kebersamaan antar-kafilah di arena MTQ tidak dikalahkan oleh semangat berkompetisi untuk menjadi juara. Salam hormat untuk para Dewan Hakim yang bertugas hingga dinihari tanpa mengenal lelah meski usia sudah menua. Semoga dedikasi para senior ini menjadi teladan bagi kita semua,” tegasnya.

Sebagai pelayan rakyat, Menag menegaskan bahwa pihaknya telah menyediakan sistem yang mendukung partisipasi aktif publik melalui optimalisasi teknologi informasi dan media. Untuk pertama kalinya sekaligus sebagai pembeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, MTQ sekarang menerapkan e-MTQ dan memiliki Media Center. Meski aplikasi online e-MTQ masih sederhana, sebatas pendaftaran dan kroscek dokumen, namun nyatanya itu pun sudah signifikan mengurangi praktik-praktik negatif yang mencederai kesucian kompetisi di bidang Al Qur'an.

Menag Lukman  menegaskan komitmennya bahwa aplikasi ini ke depan harus terus disempurnakan sehingga memiliki alur dari hulu ke hilir sebagai sistem yang lengkap. Yakni sistem online yang berjalan secara ringkas tapi akuntabel mulai dari pendaftaran, penilaian, hingga penentuan juara.

“Kita berikan applaus kepada segenap panitia yang telah sukses menjalankan amanah menggelar MTQ ke-26 tahun 2016 di Bumi Seribu Masjid, Kota Mataram, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Prestasi kalian adalah warisan yang amat berharga. Semoga panitia dan tuan rumah pada MTQ berikutnya yang akan diselenggarakan di Propinsi Sumatera Utara dapat mewarisi kesuksesan ini,” pungkasnya diiringi tepuk tangan hadirin yang memadati Astaka Islamic Center Kota Mataram. (Humas NTB)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive