Be Your Inspiration

Friday 29 July 2016

Permudah Akses Informasi, Panitia MTQ Nasional Siapkan Media Center

Islamic Center NTB, pusat MTQ Nasional 26 di NTB

Banyak hal baru dalam gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional XXVI di Mataram, NTB. Tiga rekor MURI sudah tercatat dalam gelaran ini, yaitu: Semaan Al Qur'an 1000 hafizh, Selakaran dan Gema Barzhanji, serta menyanyikan lagu Mars MTQ dengan peserta terbanyak.

Warna baru lainnya adalah keberadaan media center (MC) untuk yang pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan MTQ Nasional. 

Kepala Bagian Pemberitaan pada Biro Humas dan Protokol Pemprov NTB Lalu Wirajaya Kusuma mengatakan bahwa  keberadaan MC dimotori bersama antara Kemenag, Kominfo, dan Pemprov. Menurutnya, MTQN XXVI ini akan mengoptimalkan perangkat teknologi digital untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi. 

“Seluruh info terkait dengan penyelenggaraan musabaqah dapat diperoleh di MC, seperti jadwal agenda, buku panduan, dan video-streaming dari seluruh venue,” terangnya usai rapat koordinasi di ruang MC MTQN, Mataram, Jumat (29/7/2016).

Hadir dalam kesempatan ini, perwakilan dari Kementetian Agama Pusat, Humas Kanwil Kemenag NTB, Perwakilan Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Humas Pemprov NTB, serta Dinas Infokom NTB.

Selama gelaran MTQ, MC akan beroperasi setiap hari dari jam 09.00 - 21.00 WITA. Untuk memberikan kenyamanan kepada para pewarta, ruang MC sudah disiapkan sedemikian rupa, dilengkapi dengan perangkat komputer, 16 PC dan 2 Laptop, yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

“Selama MTQ, kami menjadwalkan untuk mengadakan beberapa kali konferensi pers yang akan menghadirkan para pejabat terkait,” jelasnya. “Kami juga akan menggelar talkshow dengan menghadirkan para qari/qariah/peserta musabaqah yang memiliki kekhususan, seperi hafizhul quran dari tuna netra, kaligrafi kontemporer, dan lainnya,” tambahnya. 

MTQN XXVI di Mataram dijadwalkan akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada Sabtu (30/7/2016) malam di Islamic Center NTB yang menjadi venue utama gelaran akbar ini. Sebelumnya, Menteri Agama akan melantik dewan hakim MTQ di Kantor Gubernur NTB. (r)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive