Be Your Inspiration

Tuesday 24 June 2014

Dari Hari Harganas, Kependudukan Jadi Tantangan Terbesar




 Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi didampingi Wagub Muh. Amin
dan Bupati Lobar H. Zaini Arony menyaksikan acara pemotongan pita
oleh Ketua TP PKK NTB Hj. Erica Zainul Majdi sebagai tanda pembukaan 
stand Harganas di Bencingah Kantor Bupati Lobar, Selasa (24/6/2014).
Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXI Tingkat Provinsi NTB tahun 2014 dilaksanakan di Bencingah Agung Kantor Bupati Lombok Barat (Lobar), Selasa (24/6) kemarin. Acara tersebut dihadiri Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi, Ketua Tim Penggerak PKK NTB Hj. Erica Zainul Majdi, Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin, SH bersama istri, MH, Bupati Lobar Dr. H. Zaini Arony, MPd bersama istri dan lainnya.


Dalam sambutannya, Gubernur NTB, Dr.TGH. M. Zainul Majdi mengakui tantangan terbesar yang dihadapi sekarang ini adalah persoalan kependudukan. Dalam hal ini keluarga memiliki peranan besar, karena masalah kependudukan berkaitan dengan keluarga.

Selain itu, ujarnya, dunia saat ini menghadapi berbagai tantangan besar ke depan. Empat di antaranya yaitu perubahan iklim, pertambahan penduduk, gejolak ekonomi dan pemenuhan pangan dan energi. Gubernur menggarisbawahi masalah pangan, pertambahan penduduk sangat berkaitan dengan keluarga.

“Perlu diingat, direnungkan, betul anak adalah karunia, keluarga adalah karunia, tapi bila kualitas tidak diperhatikan dari awal bisa menjadi beban bagi kita,” kata Gubernur, seraya menambahkan, terkait pendidikan anak, gubernur menyinggung kebiasaan yang suka mencela masa lalu karena dianggap buruk.

Menurutnya, banyak kegiatan yang sempat dihentikan, karena dianggap buatan orde baru, padahal tidak semuanya buruk. Contohnya yaitu Pramuka dan Keluarga Berencana (KB). Padahal, katanya, Pramuka sangat penting dalam membentuk karakter kepribadian dan KB sangat penting untuk dihidupkan lagi demi keluarga yang berkualitas. ‘’Mari kita ambil yang baik dalam kehidupan, tidak perlu dikotomi satu era dengan era lainnya,’’ pesan TGB – sapaan akrabnya.

Hal senada disampaikan Bupati Lobar, H. Zaini Arony. Menurutnya, salah satu fungsi dari keluarga adalah dalam mendidik. Untuk membangun kabupaten, provinsi bahkan negara maka dimulai dari unit terkecil yakni keluarga. “Dari keluarga kecil-keluarga kecil yang bahagia kita bisa menciptakan bangsa yang maju,” kata bupati.

Ditambahkan bupati, majunya keluarga-keluarga di Lobar dan seluruh kabupaten/kota yang ada di NTB maka Provinsi NTB pun akan maju. Ia mengaku menjadikan sektor kependudukan, KB dan pembangunan keluarga menjadi prioritas, karena jika masalah kependudukan kalau tidak ada perencanaan pasti, maka mengakibatkan bisa tidak terkendali. Kalau tidak terkendali tentu berdampak pada sektor lain.

Ketua TP PKK NTB Hj. Erica Zainul Majdi dalam sambutannya, menyampaikan peringatan Harganas merupakan upaya semua pihak mengingat kembali betapa penting keluarga  sebagai sumber dalam membangun bangsa dan negara. “Peringatan Harganas ini dalam rangka menumbuhkan kesadaran terhadap kualitas hidup keluarga Indonesia,” ujarnya.
Ketua TP PKK NTB Hj. Erica Zainul Majdi
 Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari peringatan Harganas yang digelar 14 Juni di  Jawa Timur yang dihadiri seluruh kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia. Sementara di tingkat Provinsi NTB,  berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan yang melibatkan seluruh kabupaten/kota se-NTB, bahkan di antaranya diadakan, penilaian lomba-lomba seperti, PLKB, kader BKB, kelompok UPPKS, Lomba Pidato kependudukan, konvoi kendaraan bermotor yang bertujuan mempromosikan program KB, Seminar Pendewasaan Usia Perkawinan dan hingga menghadiri puncak acara di Jawa Timur.

Dijelaskannya, berbagai prestasi yang diraih Provinsi NTB bagi pengelola program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Di antaranya penghargaan Menggala Karya Kencana bagi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bima dan Dompu,juara satu Kelompok KB pria diraih dari Kecamatan Alas Sumbawa, Juara dua Lomba  Puskesmas MKJP diraih Kabupaten Dompu, juara dua lomba RSU Tipe B diraih  RSUD Mataram, juara tiga Lomba Penyuluh Keluarga Berencana dari Kecamatan Narmada Lobar dan  juara tiga Lomba Bidan Praktik Mandiri  diraih Kabupaten Sumbawa. (suara ntb)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive