Be Your Inspiration

Tuesday 24 June 2014

NTB Tuan Rumah MTQ 2016

Gubernur NTB TGH. M. Zainul Majdi (kiri) menerima 
Pataka MTQ dari Menag Lukman Hakim Saifuddin 
setelah NTB resmi ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ XXVI 2016 
pada penutupan MTQ XXV di Kepri, Jumat (13/6/2014) malam.
NTB ditunjuk menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVI tahun 2016 mendatang. Penunjukan NTB sebagai tuan rumah MTQ ini disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Boediono saat menutup MTQ XXV di Batam Kepulauan Riau, Jumat (13/6/2014) malam.

Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi menerima langsung pataka MTQ dari Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.
Sebelumnya Menag pengganti Suryadharma Ali ini menerima pataka MTQ dari Gubernur Kepri H. Muhammad Sani. 

Menag Lukman Hakim Saifuddin, menjelaskan, penyelenggaraan MTQ merupakan tradisi yang dilaksanakan sejak lama, sehingga perlu dijaga dan ditradisikan. Menurutnya, dalam MTQ tidak hanya yang dilombakan tilawah Qur’an, tapi yang tidak kalah penting mengamalkan nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an itu sendiri.

Sementara Wakil Presiden Boediono berpesan nilai-nilai dan persahabatan yang muncul sejak MTQ mulai digelar hingga hari penutupan antara para kafilah dapat terus berlanjut. "MTQ nasional semoga menjadi ukuwah Islamiah di antara kita sesama warga bangsa,"pesannya.

Dengan MTQ, ujarnya, selain ajang syiar Islam, sekaligus menciptakan generasi muda yang berkualitas, yang paham akan nilai-nilai Al Qur’an dan hadis serta mengamalkannya. "Ini momentum baik untuk kita bangkitkan semangat dan kesadaran umat Islam dalam membaca dan mengamalkan perintah yang tertuang dalam quran. Serta memotivasi timbulnya kader-kader kafilah yang mampu syiarkan nilai-nilai keislaman di Al Qur’an," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Boediono pun turut mengimbau seluruh warga negara menyalurkan aspirasinya pada pemilihan presiden 9 Juli 2014. Boediono menyebut di Al Qur’an memperbolehkan umatnya berbeda pandangan, asal menyalurkannya dengan cara yang santun, damai dan bermartabat. “Adalah tugas kita untuk memilih pemimpin bangsa nanti, pilihlah yang sesuai hati nurani Anda semua," ujarnya.

Pada MTQ di Kepri ini, kontingen NTB sudah berusaha tampil maksimal. Namun, ketatnya persaingan, NTB hanya bisa meraih juara pada mata lomba tilawah cacat netra putri yang diraih Riski Jumiati sebagai juara 2. Selain itu, H. Siswadi yang mengikuti lomba Tafsir Bahasa Arab Putra meraih juara harapan III, Ummu Husna Wajihan harapan III di mata lomba Tafsir Bahasa Arab Putri. Siswadi yang mengikuti mata lomba Hifzil 20 Juz Putra meraih harapan III, Siti Mardiyah juga meraih juara Harapan III di mata lomba Hifzil 20 Juz Putri. Eka Budiansyah yang turun di mata lomba Fahmil Qur’an meraih Juara Harapan II, begitu juga Uswatun hasanah dan Tia Sofiana yang turun di mata lomba sama meraih Juara Harapan III. (*)


Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive