Be Your Inspiration

Sunday 22 June 2014

Wagub Ingatkan Warga Bayan Tetap Jaga Kondusivitas



Wakil Gubernur NTB H. Muh. Amin, SH, MSi, mengingatkan warga Desa Bayan menjaga suasana agar tetap kondusif dari berbagai gangguan keamanan. Apalagi Desa Bayan merupakan salah satu tujuan kunjungan wisatawan ke NTB.


"Pada tahun 2013 ini sudah satu juta lebih wisatawan yang datang berkunjung ke NTB. Termasuk ke Bayan ini. Kalau suasananya kondusif wisatawan tidak akan takut datang berkunjung ke tempat ini," ungkap Wagub saat peresmian Program Mandiri Bersama Mandiri (MBM) Pariwisata Berkelanjutan di Bayan Kabupaten Lombok Utara (KLU), Jumat 6 Desember 2013 
Untuk itu, ujarnya, dipilihnya Desa Bayan sebagai salah satu program MBM ini mesti mendapat dukungan dari masyarakat Bayan. Apalagi, program yang dikembangkan ini sepenuhnya dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat Bayan.

Wagub mengungkapkan, sebuah fenomena mengenai sarana-prasarana pariwisata tidak berkembang dengan baik pada sebagian besar wilayah indonesia, khususnya Indonesia bagian timur. Perhotelan dan manajemen pariwisata lebih banyak diakses oleh kalangan tertentu. Akibatnya, keuntungan dan manfaat pariwisata kebanyakan dinikmati para investor selaku pemilik hotel, atau travel agent. ‘’Hanya sebagian kecil manfaat pariwisata dinikmati oleh masyarakat setempat,’’ ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, wisatawan sangat mengerti wisata lingkungan, namun, yang mereka kurang pahami adalah pariwisata berkelanjutan. Dalam hal ini, ujarnya, kehadiran program mandiri bersama mandiri - pariwisata berkelanjutan, akan membantu masyarakat di daerah ini untuk membentuk badan usaha bersama, berupa paket wisata yang dikelola secara profesional oleh komunitas. Tujuannya, melakukan kegiatan ekonomi di bidang pariwisata atau agrowisata, yang hasilnya dimanfaatkan optimal untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian alam setempat.

Sebelumnya, Direktur Finance and Strategy Bank Mandiri Pahala N. Mansury, menjelaskan, dipilihnya Desa Bayan sebagai salah satu desa pengembangan pariwisata berkelanjutan, karena memiliki potensi pariwisata yang sangat baik untuk dikembangkan. Dalam hal ini, ujarnya, melalui program yang diluncurkan pihaknya ingin membantu masyarakat Bayan mengoptimalkan potensi yang ada.

Menurutnya, program pariwisata berkelanjutan bertujuan melibatkan anggota masyarakat untuk mengelola sumber daya dengan memperhatikan kebutuhan ekonomi, sosial, lingkungan dan tetap memperhatikan budaya-budaya lokal. ‘’Saat ini, program ini dilaksanakan di dua lokasi, yakni Desa Bayan Lombok Utara dan Wakatobi. Dipilihnya lokasi ini setelah melalui proses seleksi yang ketat oleh tim konsultan,’’ tandasnya. (*)

Wagub NTB H. Muh. Amin didampingi Sekda KLU Suardi saat disambut menggunakan adat Bayan saat melakukan kunjungan kerja ke Bayan, Jumat tanggal 6 Desember 2013.

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive