Be Your Inspiration

Sunday 1 February 2015

Air Terjun Benang Kelambu, Salah Satu Situs Geologi Geopark Rinjani yang Menakjubkan


Prof. Watanabe saat melakukan pre assesment situs geologi
Geopark Rinjani di air terjun Benang Kelambu
Tak banyak orang yang tahu bahwa air terjun Benang Kelambu yang terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang  Utara Lombok Tengah (Loteng) merupakan salah satu dari situs geologi geopark Rinjani. Pada Agustus 2014 lalu, Asesor geopark dunia, Prof. Watanabe  meninjau air terjun Benang Kelambu yang merupakan salah satu diantara lima lokasi yang menjadi situs geologi (geosites) Rinjani. Peninjauan itu dalam rangka pre-assesment geopark Rinjani yang akan diusulkan menjadi geopark dunia.


Watanabe sangat kagum melihat air terjun Benang Kelambu itu. Pasalnya, air vterjun benang Kelambu merupakan salah satu air terjun yang langsung dari sumber mata air. Tak seperti air terjun yang lainnya, dimana sumber airnya biasanya dari sungai.

Pada waktu itu, Watanabe menanyakan tentang upaya-upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk mempertahankan situs geologi Rinjani yang cukup menakjubkan tersebut. Selain itu, ia juga menanyakan konsep pengembangannya kedepan dan pemberdayaan masyarakat sekitar. Ia mengharapkan pemerintah daerah tetap menjaga salah satu situs geologi Gunung Rinjani itu dengan kearifan lokal masyarakat setempat.

Setelah meninjau air terjun Benang Kelambu perjalanan dilanjutkan ke Taman Narmada Lombok Barat. Miniatur Danau Segara Anak ini merupakan salah satu geosites Geopark Rinjani. Di lokasi tersebut, asesor Unesco itu mendapatkan penjelasan rinci mengenai Taman Narmada yang merupakan salah satu peninggalan raja Karangasem Bali.

Kemudian perjalanan dilanjutkan ke geosites berikutnya di Lombok Barat seperti Pantai Pura Batu Bolong. Lokasi tersebut terdapat situs geologi dari letusan Gunung Rinjani yang terlihat dari struktur batuannnya. Setelah itu, dilanjutkan ke Malimbu. Disana terdapat situs geologi yang berkaitan dengan Rinjani. Satu situs geologi yang akan dikunjungi adalah Gili Trawangan. (Muhammad Nasir)

Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive