Be Your Inspiration

Sunday 1 February 2015

Legenda Air Terjun Benang Kelambu, Wujud Dewi Anjani Bersihkan Diri



Air terjun Benang Kelambu di Dusun Pemotoh Batukliang Lombok Tengah. 
Keindahan air terjun Benang Kelambu yang terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, NTB menyimpan legenda tersendiri. Masyarakat setempat percaya bahwa air terjun Benang Kelambu adalah tempat membersihkan diri Dewi Anjani yang dipercaya sebagai penunggu Gunung Rinjani.

Dalam bahasa Sasak, Benang Kelambu artinya segumpal benang. Nama itu diberikan karena bentuk air terjun tersebut  menyerupai benang yang diikat menyatu. “Dulu katanya, air terjun itu sebagai tempat Dewi Anjani mandi,” tutur salah seorang PAM Wisata Air Terjun Benang Kelambu, Toni kepada wartawan Suara NTB, Muhammad Nasir, September 2014 lalu.

Legenda yang berkembang, pada waktu – waktu tertentu Dewi Anjani turun dari Gunung Rinjani kemudian mandi dan membersihkan rambutnya. Itu sebabnya, warga percaya bahwa jika sedang mempunyai masalah dengan rambut, mandi di Benang Kelambu akan menjadi salah satu jalan keluar.

Menghilangkan rambut rontok dan menghitamkannya dapat dilakukan dengan membasuhnya di bawah hujaman air terjun Benang Kelambu. Selain itu, jalur Benang Kelambu – Gunung Rinjani juga sering digunakan oleh orang-orang sakti untuk mencari berkah atau keselamatan dengan melakukan pendakian atau pertapaan ke Gunung Rinjani. Selain itu ada yang mengatakan jika mandi sisitu, maka akan terlihat satu tahun lebih muda. Hingga kini, hal tersebut masih dipercaya oleh masyarakat.
 
Air Terjun Benang Kelambu Lombok Tengah NTB
Konon juga, selain berpanorama indah, menurut kepercayaan masyarakat setempat apabila orang mandi atau berendam dibawah air terjun Benang Kelambu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan membuat tampak awet muda.

Di luar cerita legenda itu, kawasan wisata air terjun Benang Kelambu sangat indah dan sejuk serta menenangkan. Suasananya bisa menghilangkan penat dan membua pikiran menjadi jernih kembali. Pesona air terjun ini berasal dari tingkatan air terjunnya yang tertutup oleh hijaunya daun juga karena tempat ini dikelilingi pepohonan yang membuat nuansa alamnya jelas terasa.

Urutan air terjun yang paling atas disebut kelambu, sedangkan pada tingkatan kedua terdapat 3 air terjun yang berjajar. Lokasi air terjun Benang Kelambu ini berada di ketinggian 552 mdpl di kawasan wisata Taman Nasional Gunung Rinjani.

Untuk menuju air terjun ini Anda bisa menggunakan kendaraaan pribadi atau menyewa kendaraaan roda dua maupun roda empat. Air terjun Benang Kelambu bisa ditempuh dengan total waktu 45 menit dari Kota Mataram.

Jika berangkat dari kota Mataram, maka akan  melewati Narmada – Sedau hingga sampai ke pertigaan Desa Pancor Dao. Dari sana kemudian ke timur laut sampai pertigaan Pasar Teratak. Selanjutnya berbelokkan ke kiri ke arah utara melewati jalan pedesaan.(Muhammad Nasir)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive